Pemkot Kendari Miliki Mobil Penyapu Jalan Otomatis Pertama di Sultra

176
Mobil penyapu jalan saat diuji coba. Foto : Burhan

 

 

LENTERASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari kini memiliki mobil penyapu jalan otomatis atau road sweaper. Pemkot menjadi pertama yang memiliki kendaraan itu di Sulawesi Tenggara sekaligus kedua untuk wilayah Sulawesi, setelah Kota Makassar.

Tak hanya mobil penyapu jalan, Pemkot juga menambah dua unit mobil pengangkut sampah, mobil penyiram dan dua unit mobil crane atau sky lift untuk Dinas Perhubungan.

Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir penambahan armada itu guna mengoptimalkan kebersihan kota agar lebih tertata dan indah.

“Yah memang mobil penyapu ini kota Kendari baru ke dua di Sulawesi yang punya setelah Makassar. Kita berharap semua jalan di kota bisa lebih indah dan rapi,” ucap Sulkarnain usai meresmikan mobil penyapu jalan di pelataran MTQ Kendari, Jumat 2 September 2022.

Related Posts

Pengadaan mobil ini diakui Sulkaranain masih belum maksimal. Itu diakibatkan kondisi keuangan daerah saat ini masih terbatas. Meski demikian, Sulkarnain yakin kedepannya Pemkot akan kembali menambah satu armada serupa.

“Memang baru satu unit, itupun mobil ini kita programkan sejak dua tahun lalu namun baru terealisasi tahun ini karen Covid-19. Kita yakin kedepannya pasti akan menambah satu unit,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungam Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Kendari, Nismawati mengungkapkan mobil penyapu jalan atau road sweaper ini bakal beroperasi selama 24 jam. Mobil ini diakui Nisma akan membantu kerja para petugas kebersihan harian yang jumlahnya masih terbatas.

“Mobil road sweaper bisa bekerja sampai 24 jam. Karena kita masih terbatas penyapu jalannya jadi mobil ini bisa banyak membantu. Bukan hanya menyapu, tapi bisa juga menyedot debu, rumput, batu dan sampah lainnya. Tapi kita utamakan dulu di jalan Protokol,” kata Nisma.

 

Penulis : Burhanuddin
Editor: Ode

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU