Freelancer Photojournalist and Documentary Hadir di Kendari, Bagi Tips Foto yang Menarik

529
Freelancer Photojournalist and Documentary, Hariandi Hafid, saat membawakan materi. Foto: Herlis.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Dinas Pariwisata Provinsi Sultra bersama Lulo Pedia menggelar workshop teknik fotografi wisata pada Kamis (10/12/2020) di Hotel Horizon. Dalam kegiatan yang mulai digelar sejak pukul 10.00 Wita itu, mereka melibatkan unsur milenial dan pemuda di Kota Kendari. Kegiatan ini menghadirkan pemateri seorang freelance photojournalist and documentary, Hariandi Hafid.

Ia pun mengajarkan kepada peserta tentang empat syarat dan tips mengambil gambar atau foto agar hasilnya bisa memuaskan dan disenangi oleh pembaca.

“Pencahayaannya harus baik dan pahami karakter cahaya. Komposisi yang enak, fokus yang pas dan bidang yang jelas. Kemudian, pengaturan ruang yang tajam. Terakhir, tunggu momen yang tepat untuk mengambil gambar,” ucapnya.

Tak hanya itu, Hariandi juga mengatakan bahwa setiap orang mempunyai karakteristik tersendiri untuk mengambil dan menghasilkan foto yang bagus. Semua faktor baik usia, pendidikan, pengalaman hidup bahkan ekonomi dapat mempengaruhi hasil karya yang ditampilkan.

“Kalau kamu saja nggak suka hasilnya, bagaimana dengan orang lain. Tidak ada kamera yang jelek tetapi bisa jadi dari kita sendiri yang tidak bisa menggunakan dan mencari momentum yang bagus,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa menjadi fotografer memiliki banyak manfaat. Semua orang akan mengabadikan moment berharga, membuka mata dan pikiran, dekat dengan alam, bertemu dengan orang yang baru, menjadi kreatif dan percaya diri, melati kesabaran, peka secara personal dan sosial.

“Kita juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari kreatifitas kita atau berbayar,” imbuhnya. (Ads/Herlis Omputo Sangia).

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibubapakpakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU