KASN Turun Langsung Awasi Proses Seleksi JPTP di Wakatobi

226
Kukuh Heruyanto, Asisten KASN Pengawasan Bidang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah 2. Foto: Asyifa

 

 

WAKATOBI, LENTERASULTRA.COM – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) ikut mengawasi proses pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di lingkup pemerintah Kabupaten Wakatobi. Pemkab Wakatobi kini memang sedang membuka seleksi terbuka untuk mengisi delapan jabatan eselon II yang kosong.

Kedatangan tim KASN ke Wakatobi sesuai surat undangan KASN tentang pengawasan proses pengisian JPT dalam rangka meningkatkan indeks kualitas pengisian JPT dibeberapa instansi pemerintah daerah.

Kukuh Heruyanto, Asisten KASN Pengawasan Bidang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah 2 mengungkapkan, seleksi JPTP lingkup Pemkab Wakatobi telah berjalan sesuai prosedur.

“Sepertinya berlaku seperti umum, ini saya melihat juga jabatan yang kosong sudah tidak ada masalah. Kemudian kami melihat dari pengumuman juga sudah sesuai dengan ketentuan,” begitu Kukuh kepada Lenterasultra di sekretariat daerah Wakatobi, Senin (20/2/2023).

“Itu pun kami melihat pengumuman seleksi administrasi juga sudah diumumkan, peserta sudah tau apakah lanjut atau tidak, yang lanjut mengikuti tahapan-tahapan,” sambungnya.

Seperti pemberitaan media Lenterasultra.com Selasa (21/2/2023), 31 peserta JPTP lingkup Pemkab Wakatobi mengikuti proses tahap seleksi ujian kompetensi penulisan makalah, presentasi dan wawancara. Kata Kukuh, seleksi ini akan terengking sampai tiga besar.

“Dan kami memberikan persetujuan dan PPK memilih salah satu dari tiga besar itu, memilih itu kewenangan Bupati,” terangnya.

Wakil Ketua KASN Tasdik Kinanto mengatakan, salah satu tugas dan fungsi KASN yakni memastikan terlaksananya sistem merit dalam pengisian JPT secara transparan, adil dan kompetitif. Hal itu diatur dalam UU No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Dalam surat bernomor UND-191/JP.00.00/02/2023, yang diterbitkan tanggal 14 Februari 2023 ini selain Wakatobi, pengawasan proses JPT juga tertulis nama beberapa daerah diantaranya Pemerintah Provinsi Tenggara, Wakatobi, Buton, Buton Utara, Buton Selatan, Buton Tengah, Muna, Muna Barat dan Konawe.

 

Penulis: Asyifa
Editor: Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU

Bombana Butuh 670 ASN Baru

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Warga Bombana yang bercita-cita jadi Aparatur Sipil Negara (ASN), sebaiknya segera mempersiapkan diri. Tahun…