Diusulkan Mayoritas Anggota, TKBM Bakal Gelar Pemilihan Mandor Non Kargo Pelabuhan Nusantara Raha Secara Demokratis

244
RAT TKBM Pelabuhan Nusantara, Raha. RAT menyepakati dilakukannya pemilihan mandor non kargo. Foto: Istimewa

 

 

RAHA, LENTERASULTRA.COM – Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) pelabuhan Nusantara, Raha, Kabupaten Muna bakal menggelar pemilihan mandor non kargo dalam waktu dekat. Pemilihan dilakukan lebih cepat sesuai kesepakatan dalam rapat anggota tahunan (RAT).

Ketua TKBM Pelabuhan Nusantara Raha, Darmo mengatakan sebelumnya koperasi TKBM baru saja menggelar RAT pada 8 Februari 2023 lalu. Dalam RAT tersebut, pengurus menerima banyak masukan guna perbaikan organisasi. Salah satunya ialah dilakukannya pemilihan mandor non kargo, lebih cepat dari masa periode kepengurusan.

Usulan anggota itu kemudian disepakati mayoritas anggota koperasi, khususnya yang bekerja di kapal non kargo. Pengurus TKBM pun menindaklanjuti usulan dan menjadwalkan pemilihan mandor tersebut pada 26 Februari mendatang.

“Jadi dalam RAT itu ada anggota yang memiliki hak bicara mengusulkan adanya pemilihan mandor dengan alasan teknis. Usulan ini ternyata disetujui mayoritas anggota di sektor non kargo. Sehingga atas kesepakatan bersama itu, pemilihan kita jadwalkan 26 Februari,” paparnya.

Darmo menerangkan, agenda pemilihan mandor non kargo ini sebelumnya dituding dipaksakan demi kepentingan tertentu. Namun dirinya membantah dengan tegas dan memastikan pemilihan dilakukan semata-mata untuk perbaikan organisasi atas usulan mayoritas anggota.

“Sebagai pimpinan, kami memerhatikan betul usulan anggota yang peduli dengan TKBM. Tanpa kepentingan pribadi ataupun lainnya. Lagipula, pemilihan akan dilakukan secara fair dan adil,” terangnya.

Darmo mengungkapkan, pemilihan itu nantinya akan diikuti dua kandidat mandor yang telah mendaftar yakni La Ode Handa dan Naswin. Keduanya akan memerebutkan 79 suara dari anggota TKBM disektor non kargo. “Kita pastikan pemilihannya tanpa intervensi. Karena komitmen kami adalah menjadikan momentum ini untuk peningkatakan kinerja TKBM,” jelasnya.

 

Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU