Wagub Lukman Abunawas Pastikan Warga Kurang Mampu di Sultra Gratis Berobat di RSUD Bahteramas

29
Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas saat kunjungan kerja ke Kabupaten Kolaka Utara. Foto: Rusli

 

 

LASUSUA, LENTERASULTRA.COM – Masyarakat kurang mampu di provinsi Sulawesi Tenggara tidak perlu risau lagi dengan biaya pengobatan di rumah sakit umum daerah (RSUD) Bahteramas.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara kini menggratiskan biaya pengobatan di rumah sakit pemerintah tersebut bagi siapa saja masyarakat kurang mampu yang berasal dari 17 kabupaten dan kota di daerah itu.

Pemprov bakal menalangi seluruh biaya pasien melalui program gerakan akselerasi pemerataan pembangunan wilayah daratan dan lautan atau kepulauan (GARBARATA).

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas menjelaskan, layanan kesehatan gratis tersebut dikhususkan bagi masyarakat kurang mampu. Pemprov Sultra bakal menalangi seluruh biaya berobat selama dirawat dengan menggunakan APBD.

-IKLAN-

“Syaratnya cukup memiliki surat keterangan tidak mampu dari desa, kecamatan dan Dinas Sosial masing-masing daerah asal,” kata Lukman dalam kunjungannya ke Kolut Minggu (6/11/2022).

Saat berobat, warga kurang mampu setelah mengantongi surat rujukan dengan tujuan RSUD Bahteramas diingatkan membawa dokumen kartu kerluarga dan KTP. Saat ini, jumlah warga Sultra yang telah memanfaatkan layanan tersebut dikemukakan lebih dari 300 orang.

Untuk menambah kuota layanan, pemprov bakal mengucurkan anggaran tambahan sebesar Rp7 miliar pada tahun 2023. Apalagi, angka kemiskinan di Sultra saat ini dinilai masih tinggi yakni sebesar 11,3 persen.

Ditambahkan Lukman, program yang telah dicanangkan Pemprov Sultra tersebut diharapkan bisa terwujud dan berjalan maksimal di 228 kecamatan dan 2.513 desa serta kelurahan di seluruh kabupaten dan kota. “Jika ada masyarakat Kolaka Utara sakit dan tidak mampu berobat di rumah sakit maka dapat memanfaatkan program ini, gratis,” tutupnya.

Penulis: Rusli
Editor: Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU