Pj Bupati Kolut Geram, Banyak Camatnya Mangkir Rapat Mitigasi Hadapi Cuaca Ekstrem

59
Suasana rapat mitigasi bencana yang dipimpin Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi. Foto: Rusli

 

 

LASUSUA, LENTERASULTRA.COM – Pj Bupati Kolaka Utara (Kolut), Parinringi kesal lantaran banyak Camat diotoritanya tidak hadir dalam rapat mitigasi menghadapi cuaca ektrim di aula kantor sekretariat daerah, Senin (7/11/2022). Kolut-1 itu menegaskan bakal memberi sanksi sesuai aturan yang berlaku.

Kata Parinringi, rapat mitigasi tersebut harusnya menjadi perhatian serius para camat karena terkait penanganan bencana saat terjadi di wilayah masing-masing. Justru, yang hadir rata-rata para kades hingga sebagian kursi ruangan tampak kosong.

-IKLAN-

“Bagaimana bisa memitigasi atau menangani bencana jika rapat saja tidak hadir. Jangan hanya cepat kalau mau mengajukan diri untuk pergi jalan-jalan,” sindir Parinringi.

Parinringi menjelaskan, persoalan kebencanaan tidak bisa ditawar-tawar karena menyangkut keselamatan nyawa orang banyak. Apalagi, hampir seluruh wilayah di Bumi Patowonua tersebut berpotensi terdampak bencana alam. “Saya pasti seriusi dan memberi sanksi bagi yang tidak hadir tanpa keterangan,” tegasnya.

Semua wilayah kecamatan di Kolut dikatakan rawan bencana alam baik banjir, longsor hingga angin puting beliung tanpa terkecuali ibukota, Lasusua. Untuk data awal, lima kecamatan sangat potensial berdampak jika cuaca ekstrim berlangsung. “Di Rante Angin itu jika hujan bakal terdampak 80 sawah di sana terendam. Daerah lain kasusnya beda-beda. Ini yang tadi kami bahas dan langkah-langkah penanganannya namun banyak camat justri tak hadir,” pungkasnya.

Penulis: Rusli
Editor: Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU