Usai Seleksi JPTP, Empat Nama Disebut Bakal Duduki Jabatan Eselon Dua di Bombana

336
Undangan menghadiri pelantikan JPTP, pengawas lingkungan dan administrator yang diterima wartawan lenterasultra.com melalui WhatsApp. Foto : Ist

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Hasil akhir seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Kabupaten Bombana sudah diumumkan Senin, 11 Juli 2022 lalu. Namun sebelum pencarian calon pejabat eselon dua itu diumumkan dan diserahkan kepada Bupati Bombana, Tafdil, nama-nama yang bakal menduduki jabatan tiga kursi kepala dinas (Kadis) dan satu staf ahli bupati sudah beredar di Pemkab Bombana.

“Informasinya sudah ada nama-nama yang akan diplot di empat jabatan yang dilelang terbuka ini. Tapi kita ikut-ikut saja, untuk tambah wawasan dan cari pengalaman. Selain itu, siapa tau rezeki tiba-tiba nama saya  tidak sengaja diketik dan diusulkan jadi Kadis,” kata salah seorang peserta JPTP sambil tertawa saat ditemui disela-sela menunggu antrian namanya dipanggil mengikuti uji wawasan, prsentase, pemaparan dan wawancara di sekretariat daerah Bombana, Rabu, 6 Juli, 2022.

Menurut peserta JPTP ini, empat nama yang akan dilantik menjadi calon Pimpinan Tinggi Pratama juga sudah berhembus disebagian peserta yang ikut seleksi di empat jabatan. Sesuai kabar yang berhembus, untuk calon Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, nama M Hadi Rahardjo Putra disebut-sebut akan menempati posisi ini. Saat ini, Hadi Rahardjo Putra masih menduduki jabatan sebagai Camat Mataoleo. Dia juga merupakan alumni Sekolah Tinggi Pendidikan Dalam Negeri (STPDN).

Untuk jabatan Kepala Dinas Perpustakaan, calon pejabat yang akan dilantik adalah Alfian, yang kini menduduki jabatan sebagai Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Sementara jabatan Staf ahli Bupati bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan, akan diplot Sadli Sirajuddin sebagai calon pejabatnya. Saat ini, Sadli menempati posisi sebagai Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Sedangkan kursi Kepala Dinas Sosial, nama Mappatang, berhembus kencang sebagai calon “pemilik” jabatan ini. Mappatang saat ini tengah menduduki posisi sebagai Camat Poleang Tengah. Sumber dari peserta seleksi terbuka JPTP lainnya juga mendengar empat nama-nama ini akan diplot sebagai calon pejabat eselon dua. Bahkan sumber ini mengatakan, sesuai rencana, tiga dari empat nama yang disebut-sebut menjadi calon kepala dinas dan staf ahli itu akan segera dilantik hari ini, Rabu, 13 Juli 2022.

-IKLAN-

“Hari ini ada pelantikan di rumah jabatan bupati. Undangannya sudah beredar di grup-grup WhatsApp,” kata peserta seleksi terbuka JPTP ini. Meski begitu, khusus JPTP yang akan dilantik baru tiga orang, karena satu diantaranya yakni Kadis Sosial belum akan dilantik karena pejabatnya saat ini, Engki, masih menjabat, tetapi akan pensiun akhir Juli mendatang. “Jadi ditunggu Pak Engki pensiun, baru Mappatang akan dilantik jadi Kadis Sosial yang baru. Pak Engki pensiun akhir Juli nanti,” sambung sumber ini.

Wartawan lenterasultra.com juga menerima surat undangan pelantikan tersebut melalui WhatsApp. Undangan tersebut diterbitkan 12 Juli 2022. Isinya, undangan menghadiri pelantikan jabatan pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator dan pengawas lingkungan di Pemkab Bombana.

Undangan tersebut diberi nomor 005/1433 dan ditujukan kepada Asisten 1, 2 dan 3, staf ahli bupati, dan kepala OPD. Meski berkop Pemerintah Kabupaten Bombana, Sekretariat Daerah, didalam surat undangan ini tidak ada yang bertanda tangan. Padahal biasanya, undangan seperti itu, ditanda tangani elektronik oleh Sekretaris Daerah Bombana, Man Arfa. “Surat undangan pelantikannya sudah beredar di grup WhatsApp, tapi tidak ada tanda tangan Sekda. Mungkin keburu di share di media sosial,” kata sumber ini.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bombana, Alimin mengakui ada agenda pelantikan pejabat eselon di rumah jabatan Bupati, Rabu, pagi ini. “Pelantikan eselon dua, tiga dan empat,” katanya, Rabu pagi, 13 Juli, 2022. Mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja ini juga membenarkan jika pelantikan digelar di rumah jabatan Bupati Bombana. Alimin juga bilang, khusus pejabat eselon dua yang akan dilantik merupakan hasil lelang terbuka yang dilaksanakan Juni hingga awal Juli lalu.

Menurut Alimin, dari empat jabatan eselon dua yang sudah dilelang dan diumumkan hasilnya, hanya tiga jabatan yang akan dilantik hari ini. Ketiga jabatan itu adalah, Kadis Perpustakaan, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Staf ahli Bupati bidang, ekonomi, keuangan dan pembangunan. Sedangkan Kadis Sosial belum dilakukan pelantikan karena baru akan pensiun akhir Juli nanti.  “Masih menjabat, nanti akhir Juli baru pensiun. Makanya Kadis Sosial terpilih masih dipending pelantikannya,” ungkap Alimin.

Penulis dan Editor : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU