Gubernur Ali Mazi dan Mayoritas Kepala Daerah Batal Hadiri Pembukaan Jambore Pramuka di Muna

14.563
Wabup Muna, Bachrun dan Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan, Ali Syadikin saat menanti kehadiran para kepala daerah dalam acara jamuan makan siang, rangkaian Jambore Pramuka di Galampano, rumah jabatan Bupati Muna, Minggu, 19 Juni 2022. Foto : Ode

 

 

RAHA, LENTERASULTRA.COM – Pembukaan jambore daerah gerakan pramuka Sulawesi Tenggara di bumi perkemahan Warangga, Kabupaten Muna, Minggu, 19 Juni 2022 batal dihadiri Gubernur Sultra, Ali Mazi dan mayoritas kepala daerah.

Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Kab. Muna, Ali Syadikin mengaku menerima konfirmasi ketidakhadiran Gubernur Ali Mazi dari pihak Protokoler, Sekretariat Daerah, Sultra, pagi tadi. Sebagai gantinya, Gubernur mengutus staf ahlinya, Harmin Ramba untuk membuka kegiatan jambore, sore ini.

“Gubernur tidak jadi datang. Acara dibuka staf ahli Gubernur, Pak Harmin Ramba,” jelasnya saat ditemui di Galampa, rumah jabatan Bupati Muna, Minggu, 19 Juni 2022.

Ali Syadikin juga mengungkapkan, Bupati Muna LM. Rusman Emba juga tidak hadir dalam acara pembukaan jambore, sore ini. Bupati digantikan Wakil Bupati Muna, Bachrun yang akan memberi sambutan dalam upacara pembukaan tersebut. “Wakil Bupati Muna yang jamu para tamu untuk hari ini,” terangnya.

Selain Gubernur, mayoritas Bupati dan Walikota juga tidak ikut hadir dalam upacara pembukaan jambore. Diantara yang hadir hanya Bupati Konawe Utara, Ruksamin, Ketua DPRD Konut sebagai Ketua Kwarcab Konut Ikhbar, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Ibu, Pj Bupati Kolaka Timur, Sulwan Abunawas, Pj Bupati Buteng, Muhammad Yusup dan Pj Bupati Muna Barat, Bahri serta Wakil Bupati Konawe Kepulauan, Andi M Lutfi.

-IKLAN-

Sedangkan daerah lain hanya mengutus perwakilannya. Masing-masing Ketua Kwarcab Buton Selatan, Abdul Kadir, Sekretaris Daerah Kolaka Utara Taufik, Sekretaris Daerah Buton Utara, Muhammad Hardhy, Asisten I Sekretariat Pemkab Bombana, Ridwan, Kepala Dinas Perkebunan Kolaka sebagai Sekretaris Kwarcab Kolaka, Hasbir Jaya.

Wakil Bupati Muna, Bachrun sendiri mengungkapkan jika Bupati Muna, LM. Rusman Emba saat ini sedang berada di Jakarta. Ia tidak bisa hadir karena memiliki agenda yang sama pentingnya. Meski demikian, ia mengatakan segenap pemerintah dan masyarakat Muna akan menjamu para tamu dengan sebaik-baiknya. “Kami merasa terhormat bisa menjadi tuan rumah kegiatan jambore kali ini. Semoga semuanya merasa nyaman dan meninggalkan kesan baik,” katanya, saat menjamu makan siang para tamu daerah di Galampano, rumah jabatan Bupati Muna.

Sementara itu, Harmin Ramba menyebut jika Gubernur Ali Mazi tak bisa hadir karena juga memiliki jadwal kegiatan yang tak bisa ditinggalkan. Sedangkan Wakil Gubernur Lukman Abunawas, juga sedang berada di Jakarta untuk acara yang sama penting. “Semoga ketidak hadiran Gubernur tidak mengurangi nilai acara jambore ini,” tuturnya.

Sebelum dikonfirmasi batal hadir, Ketua Kwarcab Pramuka Muna, Ashar Dulu mengungkapkan sesuai konfirmasi dari Kwarda Pramuka Sultra, jambore akan dibuka langsung Gubernur Sultra, Ali Mazi dan idhadiri para kepala daerah. Adapun Bupati Muna LM. Rusman Emba dijadwalkan memberi sambutan sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Muna.

Adapun kegiatan jambore itu sendiri akan digelar mulai Minggu, 19 Juni sampai Sabtu, 25 Juni di bumi perkemahan Warangga, Muna. Jambore diikuti masing-masing utusan pramuka 16 daerah di Sultra, minus Kabupaten Buton. Diantara rangkaian kegiatan peserta jambore tersebut antara lain kunjungan wisata ke Danau Napabale dan Meleura, gua prasejarah Liangkabori dan kampung tenun Masalili.

 

 

(Ode)

 

 

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU