ASN Wajah Baru Stok Lama Dilantik Berjamaah

429
Sekretaris Daerah Bombana, Man Arfa saat melantik 73 ASN di Pemkab Bombana, Senin (20/6/2022). Foto : Adhi

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Dua bulan menjelang lengser dari kursi jabatan Bupati Bombana, Tafdil melantik Aparatur Sipil Negara (ASN) di pemerintahannya. Jumlahnya sebanyak 73 orang. Pamong negara yang dilantik merupakan wajah baru tapi stok lama.

Seremoni pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan berjamaah di aula Dinas Perpustakaan Bombana, pada Senin, 20 Juni 2022. Untuk proses pelantikannya, Tafdil mewakilkan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Bombana Man Arfa. Puluhan ASN yang dilantik merupakan pejabat struktural yang menduduki jabatan eselon tiga dan empat dihampir semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Bombana.

“Pelantikan hari ini bukan promosi atau mutasi tetapi merupakan pengukuhan terhadap jabatan atau kedudukan yang dijabat sekarang. Pelantikan ini akibat perubahan nomenklatur dan perubahan struktur kelembagaan,” kata Man Arfa Sekda Bombana.

-IKLAN-

Sebanyak 73 ASN yang dilantik kata Man Arfa, semuanya sudah menduduki jabatan struktural. Mereka ada yang berwajah baru tetapi merupakan stok lama. “Tidak ada yang dinonjob termasuk dimutasi ketempat lain,” sambungnya. Para pejabat yang dilantik, semua dialihkan dalam jabatan fungsional. Hal ini karena terjadi perubahan nomenklatur di opd sehingga perlu penyesuaian dalam aturan. Sebab, bila mana terjadi perubahan nomenklatur maka harus dilakukan pelantikan ulang.

Misalnya, kepala bagian ekonomi. Berdasarkan struktur lama seperti itu. Setelah nomenklatur baru berubah menjadi Kabag kerjasama. Kabag Humas protokol juga begitu. Jabatan ini kini menjadi Kabag Humas dan Komunikasi. “Pejabat di dua bagian ini tetap, tetapi nama jabatannya berubah. Makanya dilakukan pelantikan ulang,” katanya

Man Arfa mengaku, Bombana terlambat menyesuaikan perubahan nomenklatur. Sebab di daerah lain sudah lebih dulu menggunakan nomenklatur baru. Olehnya itu, sejak pengukuhan, semua pejabat yang dilantik bisa menyesuaikan dengan nama baru atas jabatan yang diberikan.

Penulis dan Editor : Adhi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU