Ledakan Kasus Baru, Hari Ini 34 Orang di Sultra Positif Covid-19

672
Update data perkembangan Covid-19 di Sultra. Sumber: Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra kembali melakukan update kasus terbaru, Kamis (18/06/2020). Untuk kedua kalinya, ledakan kasus baru kembali terjadi di Sultra. Hari ini tercatat 34 orang positif Covid-19. Sementara kasus sembuh hanya tercatat satu orang. Padahal dalam beberapa hari, jumlah kasus baru Covid-19 di Bumi Anoa hanya hitungan jari.

“Pada hari ini kasus terkonfirmasi positif bertambah 34 kasus baru, tetapi kita juga mendapat satu tambahan kasus sembuh,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra, dr. Rabiul Awal.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra, dr. La Ode Rabiul Awal. Foto: Istimewa.

Kasus baru positif Covid-19 diantaranya berasal dari Kabupaten Buton 30 orang, Kota Kendari satu orang, Bombana dua orang dan Kolaka Timur satu orang.

Positif asal Kabupaten Buton pernah melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19 keempat dan sporadik. Kota Kendari dan Bombana sporadik. Sedangkan positif asal Kolaka Timur kontak erat dari kasus yang terakhir.

“Untuk kasus sembuh sendiri berasal dari Kota Kendari,” imbuhnya.

Dengan demikian, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sultra sampai hari ini menjadi 326 kasus. Pasien dalam perawatan sebanyak 117 kasus, dan kasus sendiri menjadi 204. Sedangkan meninggal dunia tetap lima orang.

“Untuk kasus orang tanpa gejala (OTG) dari 641 berkurang 22 kasus menjadi 619 kasus. Orang dalam pemantauan (ODP) dari 42 kasus bertambah satu kasus menjadi 43 dan pasien dalam pengawasan (PDP) tetap 20 orang,” tegas dr. Wayonk.

Dengan adanya ledakan kasus baru tersebut, ia menghimbau kepada masyarakat agar tetap patuh pada protokol kesehatan. Ia pun meminta rekan-rekannya di Gugus Tugas setiap daerah untuk terus mengedukasi masyarakat guna mencegah penyebaran Covid-19 dari klaster yang tidak jelas. (/Her/Adv)

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU