Pesona Gua Telaga Biru Kolaka Utara, Indah dan Belum Terjamah

4,585

 

Gua telaga biru Tapparang Kolaka Utara. Foto: Ilham/Lenterasultra.

KOLUT, LENTERASULTRA.COM – Sulawesi Tenggara dikenal memiliki berbagai destinasi wisata yang begitu indah di berbagai pelosok daerah. Tak terkecuali di Kolaka Utara. Daerah ini juga dikenal memiliki wisata yang tersebar di berbagai pelosok desa.

Spot wisata yang satu ini, bisa dipastikan dapat menghilangkan kepenatan anda, Gua Telaga Biru Tapparang. Telaga ini terletak di Desa Rante Baru, Kecamatan Ranteangin, Kabupaten Kolaka Utara.

Jika ingin berkunjung ke wisata ini, anda harus melalui jarak tempuh kurang lebih 102 kilo meter jika dari arah Kabupaten Kolaka. Namun jika dari arah Kabupaten Kolaka Utara hanya berjarak 42 kilo meter.

Telaga Tapparang merupakan wisata yang memiliki lokasi unik. Berbeda dengan wisata-wisata lainnya yang ada di Kolaka Utara, telaga ini letaknya berada di atas bukit bebatuan, dengan air yang begitu jernih hingga tampak membiru.

Dengan luas gua ini sekitar 30 meter, dan kedalaman 10 hingga 15 meter, pengunjung dapat berenang dengan leluasa. Meski cukup dalam, anda dapat melihat bebatuan dari dasar air telaga.

Selain kejernihan airnya, dinding gua di telaga ini dipenuhi stalagtit yang menambah keelokannya.

Muallim, salah satu tokoh masyarakat mengatakan, telaga ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 1977. Namun hingga kini, telaga tersebut belum terjamah oleh pemerintah.

“Gua itu pertama kali ditemukan pada tahun 1977, keunikan dari gua ini karena ada batu berbentuk manusia yang sedang salat,” ujarnya.

Reporter: Ilham
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU