Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah Jatuh Pada 5 Juni 2019

1,009
Ilustrasi Idul Fitri. (Istimewa)

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) selesai menggelar sidang isbat petang ini. Hasilnya, diputuskan 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada 5 Juni 2019. Itu artinya, umat muslim di Indonesia akan merayakan lebaran Idul Fitri 2019 pada, Rabu, 5 Juni 2019.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan kesepakatan sidang isbat ini dibuat berdasarkan dua metode yaitu hisab (penghitungan) dan rukyat (melihat hilal secara langsung).

Lebih lanjut Lukman menjelaskan, sidang isbat diawali dengan pemaparan salah seorang tim falakiah Kemenag, Cecep Nurwendaya. Dari pemaparannya, ia menyebut bahwa posisi hilal saat ini berada di bawah ufuk.

Sedangkan berdasarkan laporan para petugas yang ditugaskan untuk memantau hilal secara langsung (rukyat) di 105 titik di seluruh Indonesia, tak ada satu pun di antara mereka yang melihat hilal.

“Maka dengan dua hal, posisi hilal di bawah ufuk, dan tidak ada satu pun perukyat yang mampu melihat hilal. Sebagaimana kaidah ketika hal itu terjadi, maka bukan Ramadan tahun ini digenapkan menjadi 30 hari. Artinya, besok masih puasa dan dengan demikian 1 syawal 1440 Hijriah jatuh pada rabu 5 Juni 2019,” tutur Lukman dalam Konferensi pers di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, (3/6/2019).

Lukman menambahkan selain diikuti oleh para ulama, tokoh organisasi kemasyarakatan Islam, dan pakar astronomi, sidang isbat sore tadi juga diikuti oleh delegasi negara sahabat dan unsur terkait lainnya.

Penulis: Restu Fadilah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU