Jamaah Haji Kendari 2017 Terima Pengganti Uang Makan

207
Samsuri, Kepala Kantor Kemenag Kendari

LENTERASULTRA.com-Ada hadiah akhir tahun dari Pemkot Kendari kepada para jamaah haji yang berangkat ke tanah suci tahun ini. Mereka diberikan sangu sebesar Rp 398 ribu perorang. Jumlahnya mungkin kecil tapi cukuplah buat sesuatu yang disebut rezeki mendadak.

Duit itu adalah pengganti biaya lokal yang dikeluarkan para jamaah haji yang berjumlah 682 orang saat hendak berangkat ke tanah suci. Kendati kecil dari sisi nilai, tapi dalam porsi APBD cukup besar yakni Rp 271 juta. “Baru dianggarkan saat APBD Perubahan 2017, makanya baru kami bayarkan,” kata Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari, Syamsuri.

Related Posts

Kata Syamsuri, duit itu untuk pengganti uang makan, akomodasi dan transportasi jamaah haji. Hal itu merupakan komitmen Pemkot Kendari untuk selalu ambil bagian dalam pemberangkatan haji setiap tahunnya. Selain memberikan angkutan bus translulo gratis, Pemkot juga menyiapkan anggaran ratusan juta rupiah untuk mengganti biaya lokal haji bagi para jamaah.

Saat ini bantuan tersebut sudah dibagikan pada jamaah melalui Kemenag Kendari. “Setiap jamaah mendapatakan sebesar Rp 398.475 rupiah. Meski sedikit seauai kemampuan daerah akan tetapi sangat membantu para jamaah. Dan ini dianggarkan setiap tahun,” ungkapnya kepada lenterasultra.com Jumat (22/12) lalu.

Kata dia, tahun ini realisasinya agak terlambat. Sebab dicairkan setelah penyelenggaraan haji. Hal itu dikarenakan Pemkot Kendari baru menganggarkan dalam APBD-P 2017. Oleh karena itu, tahun depan diupayakan realisasinya sebelum pemberangkatan haji. Pemkot Kendari sudah menganggarkan dalam APBD induk di tahun 2018 mendatang.(isma)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU