Militer China Menjelma Menjadi yang Terkuat di Dunia

2,864
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

 

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – China kini telah mendominasi kekuatan global diberbagai dimensi. Selain ekonomi, militer China kini menjelma menjadi yang terkuat di dunia. Berdasarkan hasil riset Military Direct, kekuatan militer China telah menggeser Amerika Serikat (AS) dan Rusia.

“Setiap poin kriteria diberi skor tertimbang untuk maksimal 10 poin,” demikian laporan Military Direct yang dikutip dari situs resminya, Kamis (18/3/2021).

Seluruh poin maksimal dari semua kriteria adalah 100, dan China diberi penilaian total 82.

“AS meskipun memiliki anggaran militer yang sangat besar, namun berada di posisi kedua dengan 74 poin, diikuti oleh Rusia dengan 69 poin, disusul India 61 poin, Prancis dengan 58 poin, sedangkan Inggris berada di posisi kesembilan dengan skor 43,” tulis laporan itu.

Seperti dikutip dari Asiatoday.id, menurut riset tersebut, berdasarkan skor-skor yang mereka hitung—yang memperhitungkan anggaran, tentara pria, dan hal-hal seperti kapasitas Angkatan Udara dan Angkatan Laut—menunjukkan bahwa China akan keluar sebagai pemimpin dalam konflik super hipotetis.

Military Direct mengeklaim Rusia memiliki pasukan darat paling kuat, dengan 54.866 kendaraan, tetapi Amerika memiliki Angkatan Udara yang terbesar dengan 14.141 pesawat. China memiliki Angkatan Laut terkuat dengan 406 kapal.

“Indeks Kekuatan Militer Tertinggi mengukur militer setiap negara berdasarkan berbagai faktor,” kata kepala Military Direct Ben Slater, yang dikutip The Mirror.

“Kami ingin menjawab sekali dan untuk semua militer dunia mana, setidaknya di atas kertas, yang terkuat. Yang akan menang dalam pertarungan hipotetis,” ujarnya.

“China adalah nomor satu, mencetak skor tinggi di semua faktor, tetapi AS mengalahkannya dalam hal anggaran dan kapasitas udara,” jelasnya.

“China telah membuat langkah signifikan dalam modernisasi selama beberapa dekade terakhir dan didorong untuk menjadi kekuatan Angkatan Laut yang dominan,” imbuhnya. 

Berikut 10 negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia versi riset Military Direct;

  1. China (82 dari 100 poin)
  2. Amerika Serikat (74)
  3. Rusia (69)
  4. India (61)
  5. Prancis (58)
  6. Arab Saudi (56). (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU