Jika Hasil Swab Positif, 73 Santri Asal Magetan Wajib Karantina 14 Hari

757
Para santri Gontor Magetan tiba di Rusunawa Bungkutoko. Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Sebanyak 73 orang santri dari Pesantren Gontor Magetan, Jawa Timur telah menjalani pemeriksaan swab di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas, Kamis (14/5/2020). Hasil pemeriksaan swab dipastikan keluar paling lambat dalam tiga hari ke depan.

Saat ini para santri tersebut tengah menjalani isolasi di Rusunawa Bungkutoko, di bawah pengawasan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir menjelaskan, jika ada salah satu saja santri terkonfirmasi positif Covid-19, maka terpaksa semua santri harus menjalani karantina selama 14 hari.

Akan tetapi, pasien positif akan diisolasi terpisah di RSUD Kota Kendari. Sementara yang lainnya tetap di Rusunawa.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Namun sebaliknya, kata orang nomor satu di Kota Kendari itu, apabila hasilnya negatif maka para santri diizinkan pulang ke rumah berkumpul keluarga mereka.

“Kalau negatif, maka diperkenankan untuk pulang,” katanya.

Selama masa karantina nantinya, pemerintah menjamin kebutuhan santri. Terutama makanan dan minuman. Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Kendari pun siap memfasilitasi santri hingga pulang ke kampong halaman.

Untuk diketahui Rusunawa yang berada disekitaran Pelabuhan Bungkutoko Kendari, memiliki 114 kamar. Saat ini, baru 72 kamar terpakai, yang digunakan oleh tenaga medis dan juga ODP. Di Rusunawa tersebut telah dilengkapi dengan fasilitas listrik, air bersih, dan fasilitas tambahan wifi.

Reporter: Nanan

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU