DPRD Buteng Belajar Layanan Berbasis IT di Kota Industri

851
Ketua Komisi 3 DPRD Buteng Tasman (tengah), anggota DPRD Buteng Hasiri saat memimpin rapat di ruang rapat DPRD Buteng. Foto : Adhi

BUTENG, LENTERASULTRA.COM- Program layanan informasi berbasis Informasi Teknologi (IT) yang dikembangkan Pemerintah kota Bekasi, Jawa Barat ternyata memikat hati anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra). Untuk mengetahui program andalan Wali Kota Bekasi tersebut, sejumlah anggota dewan berangkat di Kota Industri (salah satu julukan Kota Bekasi), Kamis, 19 Januari 2023.

Kurang lebih 10 orang anggota DPRD yang melakukan konsultasi. Mereka dikoordinir <span;>Tasman,  Ketua Komisi 3. Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini didampingi beberapa rekannya diantaranya, Hasiri, La India, Adnan, Sarinda Afa dan Jafar, staf Sekretariat DPRD.

Tujuan utama anggota DPRD Buteng ini adalah di Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfostandi) Kota Bekasi, instansi tehnis yang mengelola layanan IT terkait program andalan Kota Bekasi yakni “Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga” atau disingkat Mas Tri Sapa Warga”.

Tasman, Ketua Komisi 3 (kiri) berdiskusi dengan Sekretaris DPRD Buteng Tasbin. Foto : Adhi

 

Saat tiba di Kota Patriot (Motto Kota Bekasi), Tasman dan rombongannya diterima Selamat Gunawan, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Diskominfostandi Kota Bekasi, Jawa Barat. “Pertama-tama, kami menyampaikan permohonan maaf karema Kepala Dinas Kominfostandi, bapak Hudi Wijayanto, tidak bisa menyambut kehadiran rombongan anggota DPRD Buton Tengah, karena disaat yang bersamaan Kadis  Kominfostandi sedang melakukan monitoring pelaksanaan Musrenbang kelurahan se-Kota Bekasi,” kata Selamat Gunawan saat menyambut anggota DPRD Buteng.

Dihadapan anggota dewan Buteng, Selamat Gunawan memaparkan program sapa warga masyarakat terkoneksi. Katanya,  program sapa warga adalah media komunikasi antara pimpinan daerah dan perangkat daerah kepada warga masyarakat.

Kabid PIP juga menyampaikan bahwa program tersebut merupakan program layanan informasi secara langsung kepada masyarakat yang disiarkan diberbagai media sosial, mulai dari zoom meeting dan youtube live streaming. Program ini digelar setial Rabu pukul 20.00-21.00 WIB.

Program Mas Tri Sapa Warga bertujuan untuk menyampaikan berbagai program unggulan Pemerintah Kota Bekasi kepada masyarakat. Selain itu, melalui program tersebut, bisa terjalin komunukasi dua arah sehingga masyarakat dapat menyampaikan saran dan masukan kepada Pemerintah Kota Bekasi sehingga Pemerintah selalu hadir di tengah masyarakat guna menyelesaikan berbagai persoalan.

Anggota DPRD Buteng berdiskusi usai mengikuti rapat. Foto : Adhi

 

Selamat Gunawan menambahkan, program tersebut telah berjalan dengan baik dan direspon positif oleh para warga dengan dukungan sarana jaringan internet yang cukup baik di Kota Bekasi.

Sementara, Hasiri, perwakilan rombongan DPRD Kabupaten Buton Tengah mengucapkan terimakasih atas sambutannya dan mengutarakan tujuan dari kunjungan mereka ke Kota Bekasi.

“Kami melihat di Kota Bekasi ada program Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga, yang menjadi inovasi dan terobosan baru yang menurut kami menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia,” katanya.

Hasiri mengaku, dia bersama rekan-rekannya anggota DPRD sangat tertarik dengan program Sapa Warga, karena di era keterbukaan informasi, masyarakat butuh sarana yang tepat untuk menyampaikan program pemerintah sekaligus mendengar langsung aspirasi dari masyarakat.

“Kunjungan kami kesini (Diskominfostandi) Buteng menambah wawawasan dan pengetahuan kami. Insya Allah, jika fasilitas mendukung, program ini bisa juga diterapkan di daerah kami, daerah yang baru memasuki tahun kesembilan menjadi daerah otonom, yakni Kabupaten Buton Tengah,” ungkap Hasiri. (ADV)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU