Lima Rumah Walet di Bombana Dibobol Pencuri

149
Salah satu rumah penangkaran walet di Bombana, Sulawesi Tenggara. Foto : Ist

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Peternak burung walet di Kecamatan Poleang, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara kini sedang resah. Penyebabnya, pencuri sarang burung walet merajalela. Dalam sepekan, lima rumah penangkaran burung layang-layang keluarga hirundinidae itu dibobol maling. Puluhan kilo sarang walet berhasil diamankan pencuri. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

“Tadi malam (Selasa malam, 1 November 2022, red), ada dua gedung (rumah walet, red) yang dimasuki pencuri,” kata Arman, warga Pokorumba, Kecamatan Poleang, salah satu korban pencurian sarang walet kepada wartawan lenterasultra.com, Rabu, 2 November 2022. Dua gedung yang jadi korban terbaru pencurian sarang walet adalah rumah penangkaran miliknya dan rekannya bernama Samsuri. Sementara tiga rekan peternak walet yang jadi korban pencurian adalah Naharuddin, Amir dan Beddu Amin.

-IKLAN-

Arman mengaku, empat dari lima rumah penangkaran sarang walet yang jadi sasaran pencurian ini berada di Desa Pokorumba. Sementara satu korban bernama Naharuddin berada di Boepinang. Wilayahnya, sama-sama di Kecamatan Poleang. Modus operandi yang dilakukan pencuri, sama. Mereka beraksi di malam hari dengan membobol kunci gembok yang terpasang di pintu rumah penangkaran walet. “Rata-rata  gemboknya dirusak pakai benda keras. Setelah itu, pintu dicungkil, kami duga menggunakan linggis,” katanya.

Begitu juga di rumah penangkaran waletnya. Pengaman pintu, semuanya dirusak. Padahal sore hari sebelum kejadian, Rusdin, adiknya  sudah memeriksa dan menggembok tiga kunci yang dijadikan pintu masuk ke dalam gedung. Arman mengaku, kasus pencurian sarang walet di rumah penangkaran burung layang-layang keluarga hirundinidae miliknya, sudah dilaporkan di Polsek Poleang. “Sore ini dilaporkan di Polsek Poleang,” ucap Arman.

Kapolsek Poleang, Iptu Bustaman membenarkan adanya laporan kasus pencurian sarang burung walet di Poleseknya. “Baru satu orang yang melapor resmi. Korban yang melapor atas nama Samsuri. Kita akan segera tindak lanjuti aduan dugaan pencurian ini,” kata Bustaman,  Rabu, 2 November 2022.

Penulis dan editor : Adhi

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU