Sambangi Kendari, Sandiaga Uno Sebut Kasuami dan Sinonggi Bisa Tembus Pasar Dunia

134
Menparekraf RI, Sandiaga Uno bersama Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir saat memasak sinonggi, Foto : Humas pemkot for Lenterasultra.

 

 

LENTERASULTRA.COM, KENDARI – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin Uno menyambagi para pelaku UMKM yang tengah menggelar workshop pengembangan kota kreatif di salah satu kafe di Kendari, Kamis 25 Agustus 2022.

Agenda Menteri ini dirangkaikan dengan lomba masak sinonggi, salah satu makanan suku asli di Sultra. Dalam kesempatan itu, Sandiaga didampingi Walikota Kendari Sulkarnain beserta jajaran Forkopimda.

Kepada awak media, Sandiaga mengungkapkan rasa optimisnya terhadap jajanan kuliner tradisional bisa menembus pasar nasional bahkan dunia.

“Tadi sempat masak sinonggi walaupun gagal. Ada juga kasuami makanan yang enak dan tahan lama bahkan bisa tahan lama sampai berminggu-minggu,” ucap Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan agar produk kuliner bisa terjangkau pasar nusantara hingga dunia, Kementerian akan membantu promosinya melalui platform ekonomi digital atau e-katalog.

Related Posts

“Memang kita fokus pada pada produk lokal, kayak tadi produk ibu ibu sudah dimasukan e-katalog lokal dan e-katalog sektoral ini akan dibeli program pemerintah dan BUMN. Targetnya akan menciptakan 1,1 juta peluang usaha dan lapangan kerja di Sultra,” papar Sandiaga

Lebih lanjut, Sandiaga berjanji Kementerian akan berupaya mendukung kegiatan UMKM dengan kerjasama pelaku usaha logistik jasa pegiriman serta maskapai penerbangan guna memudahkan distribusi produk kuliner Kendari.

“Kita bekerja sama dengam penyedia layanan logistik, kurir dan maskapai penerbangan agar memiliki interkoneksi yg baik,” harapnya.

Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir menambahkan, upaya Menteri ini semoga bisa menjadi penyemangat para pelaku UMKM sehingga produk kuliner bisa bernilai jual.

“Saya berpesan kepada pelaku UMKM harus mengemas produk mereka dengan lebih bersemangat meningkatkan usahanya. Rasa dan kemasannya harus lebih bagus lagi,” tandasnya.

Penulis: Burhanuddin
Editor: Ode

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU