Dikbud Sultra Luncurkan Kartu Pelajar Elektronik

166
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Asrun Lio (keempat dari kiri) saat menghadiri HUT ke-54 SMKN 1 Kolaka sekaligus peluncuran kartu digital siswa. Foto : Ist

KOLAKA, LENTERASULTRA.COM- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio meluncurkan kartu digital siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kolaka, Selasa, 15 Maret 2022. Kartu pelajar elektoronik ini dilauncing bertepatan dengan hari jadi sekolah tersebut yang ke-54 tahun. “Kartu elektonik siswa ini menjadi solusi digital sekolah dimasa pandemi,” katanya.

Orang nomor satu di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra ini mengatakan, kartu digital siswa tersebut merupakan salah satu inovasi yang dilakukan dalam rangka mempercepat dan mempermudah pencatatan atau monitoring kegiatan administrasi absensi siswa di sekolah.

Asrun bilang, di massa pandemi covid-19 saat ini, kartu digital siswa ini merupakan salah satu paket solusi dari satuan pendidikan saat melaksanakan proses pembelajaran. Kartu digital siswa memiliki manfaat cukup besar dalam pengaplikasian absensi modern. Selain guru, orang tua pun bisa melihat absensi anaknya secara real time sehingga sangat mudah untuk dikontrol.

Asrun Lio memotong tumpen saat perayaan 54 tahun SMKN 1 Kolaka. Foto : Ist

Lulusan S3 The Australian National University (ANU) Canberra mengatakan, kehadirannya di Kabupaten Kolaka bersama jajarannya masih dalam rangkaian kunjungan kerja dalam rangkamelakukan monitoring dan evaluasi secara langsung ke lapangan.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

“Memajukan kualitas pendidikan di Sultra, tidak cukup hanya dengan penambahan tenaga pendidik semata, pemberian insentif, dan memeratakan penyebarannya, namun juga dari segi penyediaan sarana prasara sekolah yang memadai. Termasuk membangun jalur komunikasi yang baik dengan para pelaksana pendidikan di setiap satuan pendidikan baik SMA, SMK, dan sekolah luar biasa yang ada di Kabupaten Kolaka,” sambungnya.

Asrun Lio menyampaikan sambutan saat perayaan 54 tahun SMKN 1 Kolaka..Foto : Ist

Dalam kunjungan itu, Kepala Dinas Dikbud Sultra itu juga melakukan tatap muka bersama seluruh warga sekolah, diantaranya para dewan guru baik PNS maupun guru tetap Non PNS dan siswa. Ini dilakukan untuk memberikan motivasi dalam peningkatan penyelenggaran pendidikan di satuan pendidikan masing- masing.

Asrun Lio (kedua dari kanan) saat menghadiri HUT ke-54 SMKN 1 Kolaka. Foto : Ist

Selain itu, Asrun memotivasi para siswa untuk bersemangat dan berlomba-lomba meraih sumber-sumber beasiswa yang tersedia salah satunya, beasiswa Sampoerna. “Dari kunjungan ini kita bisa melihat langsung kondisi pembelajaran yang ada di satuan pendidikan, karena salah satu visi misi Gubernur Sultra yakni Sultra Cerdas maka Dikbud Sultra memiliki peran untuk ambil andil dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui penyelenggaraan pendidikan yang bermutu, berkualitas, dan tanpa diskriminasi,” katanya.

Karena itu, Pemerintah Provinsi melalui Dikbud Sultra terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Sultra, mulai dari peningkatan sarana prasarana, pembenahan sistem pelayananl melalui Proper Perau Gadik, hingga pemberian motivasi secara langsung kepada para tenaga pendidik maupun siswa hingga ke daerah-daerah. (Adv)

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU