Kemenag Perkuat Moderasi Beragama di Mubar

181
    150 tokoh lintas agama Kab. Muna Barat hadir di Kemenag untuk memerkuat agenda moderasi beragama. Foto : Sry Wahyuni

 

LAWORO, LENTERASULTRA.COM – 150 tokoh lintas agama berkumpul di kantor Kementrian Agama Muna Barat. Mereka menguatkan moderasi beragama guna membangun toleransi.

Tokoh lintas agama itu dihadirkan Kemenag Mubar. Antara lain yang hadir ialah pengurus pondok pesantren se – Mubar, aparatur sipil negara, tenaga pengajar dan tokoh dari masing – masing agama.

Kepala kanwi Kemenag Sultra, H. Zainal Mustamin menjelaskan moderasi beragama yaitu cara fikir atau cara pandang masyarakat dalam meletakkan diri sebagai mahluk ciptaan Tuhan. Cara fikir demikian bertujuan memererat kehidupan umat beragama agar semakin rukun dan damai.

“Siapa yang memulikan manusia maka dia memuliakan Penciptanya, dan begitu pula sebaliknya. Kalau kita tidak bersaudara dalam agama atau iman maka kita bersaudara lewat kemanusian,” ujarnya.

Zainal berharap intensitas perjumpaan, dialog umat beragama semakin ditingkatkan tahun ini. Agar tidak ada kecurigaan, kecemburuan dan penilaian negatif dimasyarakat antar umat beragama.

“Mengingat Mubar wilayah yang memiliki ragam budaya, agama dan adat istiadat sehingga melalui kegiatan ini kita mampu menyatukan pikiran umat beragama,” jelasnya.

Selain itu, tokoh lintas agama selaku Ketua HWDI, Kadek Parmiti menjelaskan sangat mendukung kegiatan ini karena memberikan hal positif dalam mempererat silaturahmi umat beragama di wilayah Mubar.

“Melalui kegiatan ini kita bisa saling mengenal dengan umat lainnya dan berharap kedepan terus ditingkatkan dan mengajak lebih banyak umat beragama lainnya,” ujarnya.

Reporter : Sry Wahyuni
Penulis : Sry Wahyuni
Editor : Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU