Nurhayat Fariki Calon Tunggal Ketua KONI Muna

495
Nurhayat Fariki, calon tunggal Ketua KONI Kab. Muna periode 2022 – 2024. Foto : Ode

 

RAHA, LENTERASULTRA.COM – Nama Nurhayat Fariki berpotensi terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) luar biasa Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kabupaten Muna. Nurhayat Fariki merupakan calon tunggal Ketua KONI Muna periode 2022 – 2024.

Panitia Musorkab KONI Muna sebelumnya membuka pendaftaran bakal calon Ketua selama tiga hari, sejak Rabu, 9 Maret sampai Jumat, 11 Maret 2022. Selain Nurhayat, nama Abdul Salam, Ketua persatuan tenis meja seluruh Indonesia (PTMSI) Kab. Muna sebenarnya juga ikut mendaftarkan diri. Namun pria yang juga menjabat Kepala Bidang Anggaran, Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah Kab. Muna itu dinyatakan tidak memenuhi persyaratan dukungan dari pengurus cabang olahraga pemilik suara.

Ketua tim penjaringan calon Ketua KONI Muna, Hafid Ndoasa mengatakan, Abdul Salam mendaftarkan diri dengan menyetor 11 rekomendasi dukungan Cabor. Sedangkan Nurhayat Fariki mengajukan 29 rekomendasi dukungan. Panitia selanjutnya melakukan verifikasi dan menemukan tujuh rekomendasi yang sama atau ganda karena dimiliki oleh kedua calon.

Hafid melanjutkan, sesuai mekanisme, panitia harus melakukan klarifikasi dari pengurus Cabor terkait. Hasilnya, dari tujuh rekomendasi ganda tersebut, satu Cabor berhasil diklarifikasi dan menyatakan dukungan kepada Abdul Salam sehingga total dukungan terkonfirmasi sebanyak lima Cabor. Sedangkan, tujuh rekomendasi ganda yang diajukan Nurhayat dinyatakan batal, sementara 22 dukungan lainnya dianggap sah.

Related Posts

“Hasil verifikasinya, Abdul Salam memiliki dukungan lima Cabor dan Yayat memiliki 22 dukungan Cabor. Maka, dengan mengacu ketentuan 30 persen dukungan minimal untuk calon Ketua KONI dari, panitia melakukan pleno dan memutuskan hanya Yayat yang memenuhi syarat sebagai calon,” terangnya.

Ia melanjutkan, calon Ketua KONI harus memang harus mengantongi dukungan 30 persen atau minimal 11 dari 36 Cabor yang memiliki hak suara. Dengan demikian, Hafid Ndoasa mengaku akan melaporkan hasil pleno panitia tersebut kepada pengurus KONI Provinsi Sultra dalam Musorkab yang akan digelar besok, Sabtu, 12 Maret 2022.

“Soal aklamasi atau bagaimana mekanismenya, KONI Sultra yang akan tindak lanjuti dalam Musorkab yang akan digelar di aula Galampano, rujab Bupati Muna. Kami hanya akan melaporkan sesuai hasil pleno panitia penjaringan,” terangnya.

Diketahui, Nurhayat Fariki saat ini merupakan Direktur Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dharma Muna. Yayat, karibnya, bukan orang baru dalam KONI Muna. Sebelum maju menjadi Ketua KONI, ia lebih dulu memegang jabatan Ketua cabang olahraga persatuan tinju amatir Indonesia (Pertina) Kab. Muna.

Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU