Buka Sekolah NDP, Wabup Muna : Pemkab Butuh Kontribusi HMI

356

 

Wakil Bupati Muna Bachrun membuka sekolah NDP yang diselenggarakan HMI Cabang Raha. Foto : Ofe

RAHA, LENTERASULTRA.COM – Himpunan Mahasiswa Islam dinilai menjadi organisasi penting yang dapat berkontribusi bagi pembangunan Kabupaten Muna. Otoritas pemerintah di daerah itu berjanji membuka diri dengan kader Hijau Hitam untuk bersinergi dan ikut mendorong kemajuan masyarakat.

Wakil Bupati Muna, Bachrun menyampaikan hal itu saat membuka sekolah nilai – nilai dasar perjuangan (NDP) yang diselenggaran Badan Pengelola Latihan HMI Cabang Raha. Sekolah NDP itu diikuti 30 kader, termasuk yang datang dari HMI Cabang Kendari. “Kami selaku pemerintah daerah setiap saat akan selalu terbuka pada adik – adik HMI untuk kepentingan pembangunan di Kab Muna,” kata Bachrun saat membuka kegiatan yang dipusatkan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Kab. Muna, Jumat, 25 Februari 2022.

Bachrun yang hadir mewakili Korps Alumni HMI Kab. Muna menerangkan kader HMI di Muna memang sudah memberi kontribusi di berbagai aspek. Bahkan, Wakil Bupati dan Bupati Muna, LM. Rusman Emba juga merupakan kader organisasi yang salah satunya dibidani tokoh nasional Lafran Pane itu. Kendati begitu, HMI harus tetap menjaga independensinya baik atas nama kader ataupun organisasinya. Keberpihakan HMI harus kepada kebenaran dan kebaikan.

“HMI harus tetap independen. Artinya, kalau kebijakan Pemda itu baik maka harus didukung. Jika sebaliknya, maka silahkan kritik dan beri masukan,” terangnya.

Bachrun melanjutkan, Pemkab terbuka kepada HMI untuk memastikan jalannya pemerintahan dan pembangunan yang pro kepada kepentingan masyarakat. Jika kebijakan Pemda membawa kebaikan, ia meminta agar kader HMI dapat memberi dukungan. Namun jika bertolak belakang dengan kebaikan dan kebenaran, maka ia juga meminta agar HMI tak tinggal diam.

“Silahkan kritik. Tapi caranya harus santun beradab sebagaimana yang diajarkan dalam NDP,” paparnya.

Sementara itu, Ketua KAHMI Muna Barat, Zahrir Baitul yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi I DPRD Muna menambahkan, sekolah NDP itu diharapkan membentuk kader yang mampu mengimpelentasikan nilai Ketauhidan, Kemanusiaan dan Kemasyarakatan. Tiga hal itu adalah prinsip dasar NDP yang diajarkan Nurcholish Madjid. Ia juga meminta agar setiap kader HMI harus menjadi perekat dan pemersatu dari keberagaman di tengah masyarakat, khususnya di Kab. Muna.

Reporter: Ode
Penulis : Ode
Editor : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU