Festival Panen Raya Nusantara, Saatnya UMKM Perempuan Bangkit

154
Ketua TP-PKK Kota Kendari, Hj. Sri Lestari Sulkarnain. Foto: Ist. 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Festival Panen Raya Nusantara (Parara) 2021 Region Sulawesi Tenggara resmi digelar oleh Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil-Mikro (ASPPUK) di Sabtu (11/12/2021). Ketua TP-PKK Kota Kendari, Hj. Sri Lestari Sulkarnain, membuka sekaligus menjadi narasumber pada acara tersebut.

Parara merupakan festival dua tahunan yang digagas berdasarkan keprihatinan akan kurangnya perhatian terhadap produk- produk komunitas yang masih termarjinalkan. Festival ini tidak hanya bersifat perayaan semata, tetapi mencoba menghadirkan terobosan produk komunitas dengan penggiat industri kreatif untuk meningkatkan daya jual dan pemahaman akan produk komunitas kepada publik, terutama di masa pandemi Covid-19. Festival ini diharapkan juga bisa sejalan dan mendukung program pemerintahan Indonesia dalam memberikan ruang-ruang kepada industri industri ekonomi komunitas yang kreatif-adil-lestari.
Dalam sambutannya, Hj. Sri Lestrai Sulkarnain mengatakan, bahwa Sulawesi Tenggara sangat kaya bahan pangan sehingga perlu perhatian dari seluruh elemen. Melalui langkah ini maka produk Sultra dapat tereksplor dan termaksimalkan pemberdayaannya.
Ia juga mengatakan, di masa pandemi ini Pemerintah Kota Kendari telah melakukan beberapa pelatihan atau webinar yang terkait dengan pemberdayaan UMKM perempuan. TP-PKK Kota Kendari juga telah mewadahi perempuan di Kota Kendari yang menjalankan usaha rumahan baik dari bidang pangan maupun kerajinan tangan.
“Alhamdulillah semuanya bisa bergerak dengan jejaring yang lebih memudahkan ibu-ibu untuk mendapatkan kebutuhan pangan di rumah,” ungkapnya pada Sabtu (11/12/2021).
Untuk diketahui, Festival Parara serentak diselenggarakan secara hybrid di Jakarta, Sumatera dan Sulawesi. Kegiatan yang dimulai 2 Desember lalu ini akan berakhir pada 18 Desember mendatang.
Related Posts
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Reporter: Ilma
Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU