Tujuh Fasilitas Umum Dapat Bantuan Internet Gratis

123
Muliadi Bila, Kepala Bidang TIK Dinas Kominfos Bombana. Foto : Nuryadi

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM – Penduduk Kabupaten Bombana yang bermukim di beberapa kecamatan tidak susah lagi mengakses fasilitas internet. Pasalnya, di tempat tinggal mereka kini disiapkan fasilitas Very Small Aperture Terminal (VSAT), stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter.

Kabid Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bombana, Muliadi Billa mengatakan, fasilitas VSAT tersebar dibeberapa kecamatan. Penempatannya dilakukan di beberapa fasilitas umum, mulai sekolah hingga desa. “Ini fasilitas internet gratis yang bisa diakses gratis pula oleh masyarakat,” katanya.

Menurut Muliadi, VSAT di Bombana ada tujuh site. Di Kecamatan Mataole terletak di SMPN 8 Mataoleo. Di Kecamatan Rarowatu Utara disimpan di SMP 7 Rarowatu Utara, sementara di Kabaena ada di SMPN 1 Kabaena. Sementara di kecamatan ada di Kecamatan Kabaena Timur. Sedangkan di desa dan kelurahan ada di  power host di Lengora Pantai serta power host di Baliara Kepulauan 1 dan 2.

-IKLAN-

Fasilitas VSAT ini merupakan bantuan dari Kementrian Informasi. Bantuan ini sama dengan fasilitas pembangunan Base Transceiver Station (BTS) sebanyak 49 site. Dua bantuan ini sambung Muliadi, juga dikerjakan oleh pihak yang sama yakni dari Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). Fasilitas VSAT tersebut, bisa dipakai gratis anak sekolah hingga masyarakat umum.

Penulis : Nuryadi

Editor : Nuryadi

 

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU