Cuaca Buruk, Kapal Rute Kendari-Bungku, Karam di Perairan Toronipa

318
Personil dari Kantor Pencarian dan Pertolongan diturunkan mengevakuasi penumpang dan ABK KM Putra Samudra 01. 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Kecelakaan laut terjadi di Perairan Tanjung Toronipa, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Kapal motor (KM) Putra Samudra 01 yang melayani Kendari – Pulau Bungku Sulawesi Tengah karam akibat cuaca buruk.

Kecelakaan laut itu terjadi Selasa (7/12/2021) sekitar pukul 16.20 Wita. Saat itu, KM Putra Samudra 01 tengah berlayar dari pelabuhan Kaleroang Sulawesi Tengah tujuan pelabuhan Kendari Sultra. Saat melintasi Tanjung Toronipa, KM Putra Samudra langsung dihantam angin kencang dan gombang tinggi. Cuaca buruk ini, membuat air laut masuk ke dalam kapal hingga mengakibatkan kapal lintas provinsi itu karam.

Humas Basarnas Kota Kendari Wahyudi, mengatakan, informasi kecelakaan laut ini diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari dari Haeruddin. Petugas syahbandar Kendari melaporkan bahwa pada pukul 16.10 wita telah terjadi kecelakaan pelayaran KM Putra Samudera 01.

-IKLAN-

Laporan tersebut ditindaklanjuti kantor SAR Kendari. Sekitar pukul 16.30 wita tim rescue KPP Kendari diberangkatkan menuju Last Known Position (LKP) dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) untuk memberikan bantuan SAR.

Menurut Wahyudi, personil SAR sudah berada di lokasi kejadian dan mengevakuasi penumpang KM Putra Samudra 01. “Penumpang kapal ada enam orang sementara ABK 3 orang. Semuanya sudah dievakuasi dengan selamat. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini,” kata Wahyudi.

Reporter: Mukhtar

Editor : Nuryadi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU