Pekerjaan Taman Dinas Kominfo Tanpa Papan Proyek

291
Proyek taman di Dinas Kominfo. Foto screen shot video LS yang diambil 4 November 2021

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-
Infrastruktur di Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sulawesi Tenggara bertambah. Di depan kantor pimpinan Ridwan Badallah itu, muncul proyek taman puluhan meter. Tidak diketahui berapa anggaran dan siapa yang kerjakan proyek tersebut, karena hingga Selasa (16/11/2021) sekitar pukul 10.00 WITA, tidak ada papan proyek di sepanjang pekerjaan itu.

Sejak awal November lalu, wartawan lenterasultra.com sudah berkali-kali mengunjungi kantor yang menjadi “corong” informasi Pemerintah Provinsi itu. Di depan kantor Dinas Kominfo itu, proyek taman ini sudah ada dan sepertinya sudah rampung dikerjakan. Di dalam proyek itu, terdapat 15 pohon palem yang ditaman dengan jarak sekitar dua meter. Selain itu, ada juga tanaman bunga pucuk merah, jumlahnya juga 15 pohon.

Titik awal proyek taman di Dinas Kominfo. Saat foto ini diambil Dititik ini tidak ada papan proyek. Foto : Screen Shot video LS

Meski proyek taman ini masih baru, namun mulai dari depan kantor di sisi timur yang jadi batas pekerjaan taman, hingga titik awal, tepatnya disisi kanan jalan tanjakan beraspal yang menjadi akses masuk menuju Dinas Kominfo,  tidak ditemukan satupun papan proyek yang menerangkan pekerjaan tersebut.

Kondisi ini mengabaikan hak publik tentang informasi. Padahal setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara, wajib memasang papan nama proyek dan memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek, kontraktor pelaksana serta nilai kontrak dan jangka waktu pengerjaannya. Ini perlu dilakukan agar, publik bisa mengetahui dan mengawasi pekerjaan tersebut.

Kepala Dinas Kominfo Ridwan Badalla, tidak memberikan konfirmasi meski sudah berkali-kali di hubungi via telp dan whatsAppnya, terkait keberadaan proyek taman di kantornya. Dikonfirmasi ulang terkait proyek ini Selasa (16/11/2021) sekitar pukul 16.00 WITA, Ridwan baru merespon dengan mempersilakan wartawan lenterasultra.com untuk menanyakan pekerjaan taman ini, kepada Hardin, pejabat pengadaan. “Silakan tanya harding sng (sebagai) p3jabat (pejabat) oengandaa (pengadaan),” tulis Ridwan via WhatsAppnya.

Papan proyek taman di Dinas Kominfo Sultra. Foto : Ist

Namun sayang saat hendak dikonfirmasi lanjut terkait proyek tersebut, Kepala Dinas Kominfo Sultra ini, sudah tidak bisa dihubungi. Ridwan memblokir nomor kontak wartawan lenterasultra.com. “Sy (saya) blok anda kaeena (karena) anda aneh,” tulis Ridwan via WhatsAppnya.

Saat dikonfirmasi kepada Hardin, pejabat pengadaan Dinas Kominfo Sultra dia mengatakan jika pekerjaan tersebut dikelola oleh CV Pawe dengan anggaran Rp 109 juta lebih. “Pagu Anggaran sesuai DPA Perubahan Rp. 109.027.726,- dan Kontraktor Pelaksana CV. PAWE,” tulis Hardin via WhatsAppnya. Informasi yang didapat wartawan lenterasultra.com, Rabu (17/11/2021), papan proyek di proyek taman itu sudah terpasang. Tidak diketahui pasti kapan papan proyek itu ditanam di salah satu titik taman depan Dinas Kominfo. Saat di konfirmasi Rabu (17/11/2021) sekitar pukul 17.38 WITA, Hardin belum menjawab pertanyaan wartawan lenterasultra.com saat di konfirmasi via whatsAppnya.

Penulis : Nuryadi
Editor : Nuryadi

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU