Cakupan Vaksin Lansia Rendah, Puskesmas Puwatu Gagas Program Dokter Keliling

183
Dokter Patma Ayunita. Foto: Ist.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Cakupan vaksinasi di Kota Kendari khususnya kelompok lansia masih tergolong rendah. Puskesmas Puwatu mendata, hingga kini jumlah lansia yang melakukan vaksinasi baru sekitar 200 orang.

Guna meningkatkan cakupan vaksinasi kelompok rentan ini, Kepala Puskesmas Puwatu, dr Patma Ayunita tak kekurangan cara. Ia telah mengintensifkan edukasi dan sosialisasi terkait pentingnya vaksin Covid-19. Selain itu pihaknya juga melakukan layanan anter jemput lansia yang hendak vaksin, serta melakukan vaksinasi langsung di rumah warga melalui dokter keliling.

“Puskesmas Puwatu telah menggagas program dokter keliling. Hal ini kami lakukan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dengan melakukan kunjungan. Kegiatan ini sekaligus dirangkaikan dengan pelaksanaan vaksinasi bagi lansia,” bebernya pada (17/11/2021).

Namun sejauh ini lansia yang dikunjungi tidak memenuhi syarat atau belum lolos tahap screening karena berbagai hal. Hanya beberapa warga yang memenuhi syarat dan telah dilakukan vaksinasi.

Ia pun mengimbau agar warga tidak takut untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Selain aman dan halal, vaksinasi Covid-19 dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mampu melawan paparan Covid-19.

Reporter: Roro

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU