Bali Sambut Wisatawan Global Mulai Agustus 2021

654

 

DENPASAR, LENTERASULTRA.COM – Destinasi Bali kini mulai dipersiapkan untuk  menyambut wisatawan global pada Agustus 2021 mendatang. Seperti dikutip dari Asiatoday.id, rencananya pembukaan Pariwisata Bali akan dilakukan melalui tiga tahapan. Pertama, selama Maret-April 2021 akan dilakukan re-opening dengan kegiatan vaksinasi, penyiapan aplikasi tracing, penyiapan sarana tes lacak isolasi (TLI) berupa lab PCR, tracer, pusat isolasi, dan rumah sakit hingga identifikasi hotel karantina atau isolasi.

“Pada April 2021, akan dilakukan uji coba aplikasi tracing, penyiapan hotel dengan paket wisata karantina atau isolasi, dan sertifikasi CHSE lebih dari 80 persen,” demikian dikutip dari pengumuman re-opening Bali, Kamis (18/3/2021).

Tahap kedua dimulai pada Mei 2021 dengan kegiatan uji coba penerapan zona hijau dan implementasi prokes pada pekerja keluar/masuk zona hijau dan wisatawan domestik.

Kemudian, pada Juni 2021 akan dilakukan penilaian oleh evaluator eksternal untuk persiapan pembukaan wisatawan asing dan audit perilaku prokes dan kelayakan fasilitas tempat tempat umum (TTU).

Pada Juli 2021, tahap ketiga dimulai dengan kegiatan uji coba pembukaan Bali untuk wisatawan asing dan koordinasi dengan agen travel internasional. Pada Agustus 2021, dilakukan pembukaan resmi zona hijau Ubud dan Nusa Dua untuk wisatawan asing dan International Meeting dengan WHO.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Ketut Suarjaya mengatakan Pulau Dewata menyiapkan pembukaan pariwisata Bali lewat program free covid corridor (FCC). Ada 3 kawasan yang menjadi proyek percontohan penerapan FCC yakni Ubud, Sanur, dan Nusa Dua.

“Konsepnya adalah kita lindungi dan jaga kesehatan masyarakat, dengan memastikan kesehatan masyarakat, kita baru kemudian menyiapkan wisatawan,” kata dia melalui keterangan tertulis, Kamis (18/3/2021).

Saat ini pemerintah mulai melakukan vaksinasi bertahap pada masyarakat lokal dan pekerja pariwisata yang berada di 3 zona FCC. Secara total, ketiga zona FCC tersebut memiliki jumlah pekerja dan penduduk mencapai 170.487 orang. Pemberian dosis vaksinasi Covid-19 pertama diharapkan sudah selesai pada akhir Maret 2021. Sedangkan dosis kedua akan dimulai pertengahan Mei 2021 sampai akhir Mei 2021.

“Awal Juli, kekebalan kelompok pada penduduk di 3 kawasan tersebut diharapkan sudah terbentuk optimal sehingga kawasan sudah dapat dibuka,” tandasnya. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU