Kontroversi All England Dikhawatirkan Ganggu Relasi Diplomatik Indonesia-Inggris

2,337
Related Posts

 

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Kontroversi keluarnya tim Indonesia dari ajang All England 2021 masih terus menggelinding. Pihak penyelenggara dan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dinilai bersikap unfair. Polemik ini pun dikhawatirkan berpotensi mengancam relasi diplomatik Indonesia dan Inggris. Namun Duta Besar Republik Indonesia di London, Desra Percaya mengungkapkan agar masalah ini tidak berimbas pada hubungan diplomatik kedua negara ini.

“Saya tidak mau isu ini menjadi hambatan dalam pengembangan hubungan bilateral yang lebih baik antara Indonesia dengan Inggris” jelas Desra dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Kamis (18/3/2021).

Desra akan menyampaikan pesan tersebut kepada pemerintah Inggris.

Seperti dikutip dari Asiatoday.id, menurut Desra, walau olahraga badminton berasal dari Inggris, tetapi jangan jutaan penggemar olahraga ini berasal dari Indonesia. Desra mengatakan sudah menghubungi beberapa pihak dan akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia serta Manajer Tim Badminton RI, Ricky Subagja. 

Sementara itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins menyampaikan rasa simpatinya kepada para pemain bulutangkis Indonesia yang dipaksa mundur dari turnamen bergengsi All England karena kekhawatiran soal penularan Covid-19.

“Keputusan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) yang tidak mengizinkan Indonesia berpartisipasi dalam turnamen bulutangkis All England demi pencegahan Covid-19 sangat disayangkan,” kata Jenkins dalam video yang dirilis Kedutaan Inggris di Jakarta, Kamis (18/3/2021).

“Saya sangat bersimpati terhadap para atlet bulutangkis Indonesia yang terdampak,” imbuhnya.

Sikap BWF itu sebetulnya didasarkan pada keputusan Badan Layanan Kesehatan Inggris atau NHS yang meminta seluruh pemain dan ofisial Indonesia untuk menjalani masa isolasi 10 hari setelah salah satu penumpang di pesawat yang sama menuju Inggris terkonfirmasi mengidap Covid-19. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU