Jaga Cagar Budaya, Rumpun Wasilomata Gotong Royong Bangun Benteng yang Roboh

1,138
Masyarakat Rumpun Wasilomata saat melaksanakan gotong royong pembangunan Benteng Wasilomata yang roboh. Ist.

BUTON TENGAH, LENTERASULTRA.COM – Untuk menjaga cagar Bbudaya peninggalan nenek moyang Wasilomata, Rumpun Wasilomata yang terdiri dari 8 desa bergotongroyong membangun benteng yang sudah mulai roboh. Gotong royong ini diikuti para tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serumpun Wasilomata.

Kepala Kerukunan Keluarga Wasilomata, La India mengatakan, kegiatan gotong royong ini juga dilakukan untuk menjaga dan mempererat lagi tali silaturahmi, serta menginformasikan kepada kaum muda untuk memperhatikan dan menjaga kebudayaan dan situs peninggalan nenek moyang Wasilomata, agar adat istiadat  tidak pudar ditelan zaman.

“Ini sudah lama tidak diperhatikan, kaum muda juga sudah lama tidak mengetahuinya, sehingga kami perlu mengingatkan mereka kembali akan sejarah ini, agar mereka merasa memiliki dan kedepannya akan mereka jaga,” ujarnya.

Gotong royong ini akan berlangsung selama dua minggu sekali, sampai perbaikan benteng yang roboh selesai.

“Ini hari sudah yang kedua kalinya, nanti dua minghu depan lagi baru gotong royong lagi. Harapannya pemerintah juga dapat mendukung dan bisa ikut andil dalam melestarikan pelestarian Budaya sebab ini merupakan identitas dan kekayaan suatu bangsa,” pungkasnya. (B)

Reporter: Ali Tidar

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU