Rekomendasi PDIP kepada Tujuh Cakada belum Final

3,005
Ketua Umum PDI- Perjuangan, Megawati Soekarno Putri, saat membacakan rekomendasi 7 Balon Pilkada Sultra 2020. Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA,COM -Rekomendasi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tujuh kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang bakal di gelar pada 9 Desember 2020 telah diberikan kepada beberapa figur yang dianggap layak untuk merebut kursi bupati dan wakil bupati. 

Meski demikian, rekomendasi tersebut belum final. Ketujuh pasangan calon (paslon) akan diberikan berkas B1-KWK dari PDIP, akan tetapi untuk memperoleh itu mereka harus menyelesailan kewajiban kepada partai besutan Megawati tersebut. 

“Rekom internal sudah sisa B1-KWK yang belum karna masih ada mekanisme selanjutnya yaitu penyelesaian dana saksi dan gotong-royong berikutnya sekolah partai baru keluar B1-KWK. Kalau sudah keluar itu, sisa mendaftar di KPU,” ujar Ketua Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan DPD PDIP Sultra, La Ode Muhrim Bay, Jumat (14/08/2020).

Namun, sampai hari ini belum ada satu paslon pun dari tujuh kabupaten di Sultra yang sudah menerima data B1-KWK tersebut.

Pemberian rekomendasi dari DPP PDIP kepada Balon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada serentak Desember 2020 mendatang telah dilakukan dalam empat tahap.

Tahap I, pada Selasa (18/02/2020) DPP PDIP memberikan dukungan di Kabupaten Buton Utara kepada paslon Abu Hasan-Suhuzu. Rekomendasi tersebut tertuang dalam surat nomor 1196/IN/DPP/II/2020 tertanggal 18 Februari 2020.

Tahap II yakni Jumat (17/07/2020), DPP PDIP memberikan dukungan dalam Pilkada di Kabupaten Konawe Utara kepada paslon Ruksamin-Abu Huraera. Sementara di Kabupaten Wakatobi kepada pasangan calon Haliana-Ilmiati Daud. Pengumuman tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri. Sementara daftarnya sendiri dibacakan oleh Ketua DPP PDIP, Puan Maharani.

Tahap III, di hari yang sama, Jumat (17/07/2020) DPP PDIP menandatangani rekomendasi (1703/IN/DPP/VII/2020) dan memberikan dukungan di Kabupaten Muna kepada pasangan calon Rusman Emba-Bachrun Labuta dan di Kabupaten Konawe Selatan kepada Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae. Rekomendasi tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Jendral DPP PDIP, Hasto Kristiyanto.

Terakhir, di tahap IV, Selasa (11/08/2020) DPP PDIP memberikan dukungan di Kabupaten Kolaka Timur kepada Syamsul Bahru-Andi Merya Nur dan Kabupaten Konawe Kepulauan kepada paslon Amrullah-Andi Muhammad Lutfi.

Untuk diketahui, tahap III dan IV pengumuman serta rekomendasi DPP PDIP diserahkan secara simbolis oleh Ketua DPD PDIP Sultra, Lukman Abunawas, pada Selasa (11/08/2020) di Hotel Sahid, Jakarta.

“Melalui momentum kemerdekaan RI ke-75 ini, saya mengajak seluruh kader untuk menghayati perjuangan militan para pahlawan. Tak lupa, khususnya dalam pilkada semoga semua figur yang diusung dapat menjuarai pilkada,” tutup Wakil Gubernur Sultra tersebut. (A)

Reporter: Herlis Omputo Sangia

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU