Usai Dilantik, Ketua DPRD Bombana Tinggal di Rumah Kontrakan

794
Rumah kontrakan yang ditinggali Arsyad, S.Pd, ketua DPRD Bombana periode 2019-2024

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM– Sudah lebih satu bulan Arsyad, S.Pd dilantik menjadi ketua DPRD Bombana periode 2019-2024. Meski begitu, ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Nasdem Bombana ini ternyata  belum sepenuhnya mendapatkan hak-hak nya sebagai pimpinan di lembaga legislatif setempat.

Salah satunya adalah fasilitas rumah dinas atau rumah negara. Hingga Senin (11/11/2019), Arsyad belum mendapatkan salah satu tunjangan kesejahteraannya itu. Faktanya, usai dilantik menjadi ketua DPRD Bombana Selasa (1/10/2019) lalu, Arsyad masih tinggal di rumah kontrakan.

Penelusuran media lenterasultra.com di Bombana, Arsyad tinggal di rumah kontrakan di bilangan jalan Poros Kasipute-Lameroro, Desa Lameroro, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra). Ketua DPRD Bombana ini, menempati rumah kontrakan milik salah satu PNS di Pemda Bombana. “Kontrakan,” jawab Arsyad, via aplikasi WhatsApp nya, saat ditanya apakah rumah yang ditinggali saat ini di Kasipute, rumah pribadi atau kontrakan?

Iklan

Pimpinan DPRD Bombana ini tinggal di rumah kontrakan berukuran sekitar 5 meter kali 12 meter.  Al (namanya minta diinisialkan) mengakui jika Arsyad tinggal di rumahnya. “Bukan rumah kos itu rumahku. Cuma ada kamar yang tidak dipakai, makanya saya kontrakan. Sekarang Pa Arsyad yang tinggali,” kata Al.

BACA JUGA:  Tujuh Bupati, 14 Kadis, 16 Tahun Mekar, Bombana Belum Miliki Gedung Dinas Pekerjaan Umum

Al yang menduduki jabatan eselon empat di salah satu Dinas di Pemda Bombana ini mengatakan, Arsyad yang kini menjadi ketua DPRD Bombana sudah lama tinggal di rumahnya. “Kalau tidak salah sudah lebih tiga tahun,” sambungnya. Anggota dewan dua periode ini, menempati salah satu kamar di sisi Barat rumahnya, sejak Arsyad masih menjabat sebagai anggota dewan periode 2014-2019 hingga menjadi ketua DPRD periode 2019-2024.

Belum diketahui pasti penyebab sehingga Arsyad  masih betah tinggal di kontrakan. Padahal Pemda Bombana, sudah menyiapkan rumah dinas di perkantoran Langkapa. Rumah jabatan (rujab) ketua DPRD ini, berdampingan dengan rumah jabatan wakil Bupati yang juga dibiarkan tanpa penghuni.

Sejak Bombana berdiri menjadi daerah otonom, tercatat sudah tiga ketua DPRD Bombana yang menempati rumah jabatan tersebut. Haji Abustam menjadi ketua DPRD periode 2004-2009, tercatat menjadi pimpinan dewan pertama yang menempati rujab. Setelah itu disusul Andhy Ardian, ketua DPRD Bombana periode 2009-2014.

Nah, dimasa anggota DPRD Bombana 2014-2019, rumah negara ketua DPRD Bombana ini dihuni Andi Firman. Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menjadi Ketua DPRD ketiga yang tinggal di rumah dinas. Pasca masa tugas anggota DPRD Bombana 2014-2019 berakhir, memaksa Andi Firman harus meninggalkan rumah jabatan tersebut.

BACA JUGA:  Baru Disosialisasikan, Pajak Sarang Burung Walet Sudah Diributkan

Hal tersebut wajib dilakukan karena, selain masa tugasnya sudah berakhir, Andi Firman  tidak lagi duduk di kursi pimpinan dewan. Saat bertarung di Pemilu legislatif April 2019 lalu, Andi Firman memang kembali duduk di DPRD Bombana bersama empat rekannya.

Namun sayang, meski PAN menjadi pemenang kedua pemilu, namun PAN tidak lagi merekomendasikan dirinya sebagai unsur pimpinan. Andi Firman hanya menempati sebagai sebagai anggota DPRD periode 2019-2024. Sementara kursi pimpinan diberikan kepada rekannya, Ardi, politisi debutan dari PAN.

Seiring dengan berakhirnya tugas Andi Firman sebagai ketua DPRD, mengharuskan politisi PAN ini meninggalkan rujab ketua DPRD. Sejak awal Oktober 2019 lalu, rumah dinas di Bukit Langkapa itu, sudah ditinggalkan Andi Firman. Rumah negara itu sudah kosong. Saat ini pihak sekretariat dikabarkan tengah menginventaris berbagai aset yang ada di dalam rumah jabatan. “Rujab sudah kosong, mungkin lagi dibenahi, setelah siap baru ketua DPRD terpilih 2019-2024, baru tinggal di rujab,” ungkap salah satu pegawai sekretariat DPRD Bombana yang meminta namanya tidak disebutkan.

Penulis : Adhi

Komentar Facebook