Tingkatkan SDM, Dispar Buton Latih 150 Warga Wabula

78
Pelatihan terhadap 150 Warga Wabula tentang tata kelola pariwisata. (SAFRIN/LENTERASULTRA.COM)

BUTON, LENTERASULTRA.COM Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton sepertinya tahu betul bahwa sumber daya manusia (SDM) yang handal merupakan kunci suksesnya pariwisata di daerab tersebut. Makanya, melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Buton, diadakan latihan kepada 150 warga Kecamatan Wabula tentang Tata Kelola Destinasi Pariwisata.

Sekretaris Dispar Kabupaten Buton, Rusdi Nudi mengatakan, Wabula merupakan salah satu tujuan wisata di kabupaten Buton. Sehingga masyarakat sekitar perlu paham akan kepariwisataan yang sesuai dengan standar kepariwisataan.

“Kita selenggarakan (latihan) selama tiga hari, sejak tanggal 14-16 Oktober, dengan beberapa paparan materi yang wajib diketahui peserta,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya. (16/10/2019).

Iklan

Rusdi menerangkan, materi yang diterima oleh peserta yakni, pengelolaan homestay penunjang destinasi wisata, pola perjalanan wisata dalam paket wisata, dan standar pelayanan wisatawan.

Ia berharap dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan dapat mewujudkan pemahaman dan semangat yang sama dari seluruh komponen SDM, pelaku wisata tentang pengelolaan destinasi pariwisata berbasis masyarakat, sehingga mampu memberikan layanan sesuai standar pariwisata.

“Jadi semua ini penguatan  kepada masyarakat secara kelembagaan melalui peningkatan kapasitas kelompok sadar wisata dan pengelolaan homestay,” tutupnya.

Reporter: Safrin
Editor: Restu Fadilah
Komentar Facebook