Konsumsi Daun Kelor, Satu Keluarga Asal Buton Dilarikan ke Rumah Sakit

1,597
Ilustrasi keracunan. (Istimewa)

BUTON, LENTERASULTRA.COM – Satu Keluarga asal Kelurahan Kombeli, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton harus dilarikan ke RSUD Buton karena diduga keracunan usai mengkonsumsi daun kelor. Satu keluarga itu berjumlah tujuh orang, namun belum diketahui ditel nama-namanya.

Salah seorang keluarga korban, Binda menerangkan awalnya salah seorang keluarga membeli daun kelor di salah satu pasar sore yang ada di Kabupaten Buton pada Selasa, (18/6/2019). Selanjutnya, pada pukul 20.00 WITA, daun kelor tersebut dimasak menjadi sayur bening untuk dikonsumsi.

Setelah sayurnya matang, sekitar pukul 21:00 WITA, mereka bersama-sama menyantapnya. Dua jam kemudian, mereka kompak merasakan mual, muntah hingga buang air besar.
Related Posts

Mendengar keluarganya muntah-muntah, Binda langsung melarikan satu keluarga tersebut ke IGD RSUD Buton untuk mendapatkan perawatan. “Walaupun sudah dirawat dari malam, mereka ini masih merasakan efek dari keracunan daun kelor,” ucapnya saat ditemui di Ruang IGD RSUD Buton, Rabu, (19/6/2019).

Sementara itu, Dirut RSUD Buton, Ramli Code mengaku belum dapat memastikan penyebab mual, muntah hingga buang air besar yang dirasakan para korban. Pasalnya, saat ini perawat masih melakukan pemeriksaan laboratorium guna mengetahui penyebabnya.

“Kita tunggu dulu hasil dari laboratorium, kalau sudah keluar hasilnya baru kita sampaikan,” katanya seraya menambahkan bahwa sembari menunggu hasil laboratorium, mereka masih menjalani perawatan.

Reporter: Safrin
Editor: Restu Fadilah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU