Nasdem Mubar Raih 9 Kursi di DPRD, Karena Intervensi Rajiun?

438

 

Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada. Foto: Kinong.

MUNA, LENTERASULTRA.COM- Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Muna Barat (Mubar) menjadi pemenang Pemilu 17 April lalu. Partai besutan Surya Paloh itu mampu menguasai parlemen Mubar dengan perolehan 9 kursi. Hal tersebut terbilang meningkat dari hasil Pemilu 2014 lalu yang hanya mendapat jatah 2 kursi.

Melonjaknya perolehan kursi Nasdem itu diduga ada campur tangan Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada yang mengintervensi birokrasi dan masyarakat. Hal tersebut bukan lagi rahasia umum. Tapi sudah menjadi buah bibir dimana-mana.

Namun Rajiun menepis rumor tersebut. Katanya, Nasdem mendominasi peroleh kursi bukan karena campur tangannya. Akan tetapi, karena figur-figur Caleg yang diterima baik oleh masyrakat.

Related Posts

“Tidak ada campur tangan sama sekali,” kilahnya.

Mantan Ketua DPD PAN Mubar itu membesarkan Nasdem bukan berarti mau kembali berpartai. Saat ini, ia belum kepikiran untuk memimpin partai.

“Politik itu dinamis. Kalau diyakini menguntungkan, kita bergabung,” terangnya.

Berdasarkan data perolehan suara dari  tiga daerah pemilihan (Dapil) di Mubar, Nasdem mengumpulkan 17.345 suara.
Di Dapil I Mubar, Nasdem memperoleh 5.322 suara, Dapil II 4.732 suara dan Dapil III 7.291 suara. Dari enam kursi di Dapil I, tiga kursi diperoleh NasDem yakni, Wa Ode Sitti Sarani Ilaihi dengan suara terbanyak 2.938, Ali Badin Fiihi 845 suara dan La Ode Sariba memperoleh 779 suara. Dapil II dari 7 kursi, dua kursi yakni, Musliadi 1.713 suara dan Nur Aisyah 850 suara. Sedangkan Dapil III memperoleh empat kursi yakni, Munarti 1.950 suara, Anton Saiye 1.802 suara, Sitti Aisah Maliawati 1.189 suara dan Samad Anggoro Syamsir 798 suara.

Reporter: Kinong
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU