Dinilai Tebang Pilih, Warga Blokade Jalan Masuk PT VDNI

634

 

Aksi blokade jalan yang dilakukan oleh warga desa di Kecamatan Morosi. Foto: Fiyy

KONAWE, LENTERASULTRA.COM – Ratusan warga dari tiga desa yang berada di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan aksi unjuk rasa terhadap PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI), Kamis (4/4/2019). Mereka memprotes perusahaan tambang, yang dinilai tebang pilih dalam melakukan perbaikan jalan serta penyaluran air bersih kepada di rumah warga. Aksi ini mereka lakukan dengan cara memblokade jalan masuk ke perusahaan.

Husni Tamrin, salah seorang massa mengatakan, sudah ada dua desa yang mendapat perhatian dari pihak perusahaan, padahal dulu, ada lima desa yang sama-sama dijanjikan untuk dilakukan perbaikan. Terutama perbaikan jalan dan penyaluran air bersih.

Related Posts

“Desa Morosi dan Desa Porara sudah mendapat perbaikan jalan dengan cara pengecoran. Sedangkan tiga desa lainnya yakni Desa Besu, Desa Paku dan Desa Puuruy hingga saat ini belum tersentuh. Padahal kita sama-sama dijanji sejak empat tahun lalu ketika perusahaan ini berdiri,” ujarnya.

Tak hanya itu, warga juga menyayangkan tindakan dari perusahaan yang tidak mengaliri air bersih ke pemukiman warga. Padahal, perusahaan telah membangun kanal air bersih dari Sungai Pohara, namun lagi-lagi pembagiannya dirasa tidak merata.

“Lima desa ini sama-sama berada di sekitar kawasan tambang, tapi kenapa perbaikan jalannya tidak merata. Kita juga butuh jalan mulus, belum lagi mobil yang lewat tiap hari, jalanan rusak sekali,” keluhnya.

Akibat aksi yang dilakukan warga tersebut, puluhan truck pengangkut material tambang tertahan dan tidak bisa masuk. Pihak perusahaan pun belum menemui warga.

Laporan: Wulan
Editor: Fiyy

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU