Pol PP Datang, Jalan Depan Pasar Sentral Kota Steril dari Pedagang

1,052
Jalan depan pasar sentral kota lama menjadi tempat berjualan pedagang sayur dan buah setiap pagi. Namun Sabtu (2/2/2019) sekitar pukul 10.00, aktivitas di jalur ini terlihat lengang saat pedagang mendengar hadirnya Pol PP. Tampak jalur depan pasar sentral, saat Pol PP melewati jalan tersebut

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Jalan depan pasar sentral kota lama, Kendari, tiba-tiba steril, Sabtu (2/2/2019. Pedagang sayur dan buah yang biasanya menjajakan dagangan setiap pagi di tempat itu, tidak terlihat lagi. Meski pemandangan ini hanya berlangsung dalam hitungan menit, namun tidak adanya aktivitas jual beli di badan jalan Pembangunan itu, membuat lalu lintas di jalur itu terlihat lengang.

“Hilangnya” penjual buah dan sayur di depan Pasar Sentral Kota Lama itu bukan tanpa sebab. Pedagang di jalur itu, ternyata takut dengan kehadiran personil Polisi Pamong Praja (Pol PP) dari Pemkot Kendari. Sebelum polisi penegak perda ini muncul di pasar kota lama, sejumlah pedagang teihat lebih dulu mengangkat dan memindahkan jualannya.

Pedagang buah atau sayur yang menjajakan dagangannya diatas mobil dengan bak terbuka terlihat bergerak cepat. Begitu mendengar ada Pol PP datang, mereka memilih menutup jualannya dan meninggalkan jalan pembangunan bersama kendaraannya. Ada yang masuk ke dalam areal pasar sentral, ada juga yang memilih parkir tidak jauh dari lokasi jualannya. Sementara pedagang sayur dan buah yang menjual diatas gerobak, memilih mengevakuasi jualannya ke dalam pasar.

Kondisi jalur depan pasar sentral kota lama terlihat kembali ramai, setelah Personil Pol PP meninggalkan Pasar Sentral kota lama
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

“Tewiseno lelang Pol PP. Sangkemo fekarimba kaparasohaomu itua. Basa do sangke tewo otto. (Didepan Lelangmi Pol PP. Angkatmi cepat jualanmu, nanto diangkat di mobil),” kata La Ongki, salah seorang tukang becak saat melintas di depan pasar sentral kota. Sambil mengayuh becaknya, pria asal Kabupaten Muna ini, terdengar dua kali mengingatkan pedagang di depan pasar sentral untuk segera mengevakuasi dagangan mereka.

Selain pedagang buah dan sayur, penjual pakaian dan aneka aksesoris di samping kantor BRI kota lama, juga memilih menutup jualannya di dalam mobil. Meski begitu, pemiliknya, enggan memindahkan mobilnya, dari tempat awalnya. Sekitar pukul 10.15, puluhan personil Pol PP dari Pemkot Kendari tiba di depan pasar kota lama.

Polisi penegak perda ini datang dengan mengendarai tiga kendaraan. Namun tidak ada yang dilakukan personil Pol PP ini. Saat sampai di depan pasar sentral kota lama, personil Pol PP hanya memarkir kendaraannya di depan pertokoan emas. Bahkan, diantara mereka, tidak turun dari mobil.

Sekitar 5 menit kendaraannya parkir, puluhan personil Pol PP ini memilih meninggalkan lokasi tersebut dan terlihat berbelok menuju jalur Wua-Wua. Kesempatan ini dimanfaatkan para pedagang. Saat Pol PP pulang, dalam hitungan menit, aktivitas jual beli di badan jalan depan pasar sentral kota kembali ramai. Kendaraan bak terbuka yang menjajakan, aneka buah dan sayur, terlihat berjejer kembali di sepanjang jalan depan pasar sentra.

Penulis : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU