Masuki Masa Pancaroba, BMKG Minta Waspadai Cuaca Ekstrem

158
Ilustrasi cuaca ekstrem

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Memasuki musim pancaroba, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kendari mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati.

Rosa Amelia selaku Kepala BMKG Kendari mengungkapkan jika di musim pancaroba ini, merupakan awal masuk musim penghujan, yang mana sudah mulai ada hujan, namun hanya bersifat sporadis dan dengan durasi yang pendek.

Related Posts

Lanjutnya, masa transisi atau masa peralihan musim, perlu diwaspadai terkait ada beberapa fenomena cuaca ekstrem.

“Diantaranya itu adalah potensi hujan deras disertai angin kencang dalam waktu singkat dalam kategori kejadian lokal,” ungkapnya.

Selain itu, sebut Rosa, masyarakat juga harus mewaspadai hujan disertai petir dan potensi terjadinya puting beliuang. “Dimasa transisi terjadi pembentukan awan konvektif (awan hujan) cukup intensif sehingga muncul cuaca ekstrem,” bebernya.

Dia menambahkan bahwa di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) akan memasuki awal musim hujan, sehingga sebelum masuk musim hujan akan mengalami masa pancaroba dan potensi cuaca ekstrem hujan deras disertai angin, petir dan berpotensi angin puting beliung. (Isma)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU