Buteng Bangun Kampung Nelayan di Desa Terapung

8,011
Kadis Perikanan Butemg, Muh. Rijal

Buteng, Lenterasultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) melalui Dinas Perikanan siap membangun Kampung Nelayan di Desa Terapung Kecamatan Mawasangka.

“Saat ini kami lagi sibuk merencanakan program kampung nelayan di desa Terapung, menata kampung tersebut dengan baik lagi,” kata Kadis Perikanan Buteng, Muh Rijal, di Kantor Bupati, Kamis (28/6).

Untuk mencapai hal itu, Rijal mengatakan, pihaknya terus melakukan analisis dengan ketersediaan sarana, potensi sumber daya, menganalisis kondisi perekonomian masyarakat, hingga menetapkan Desa Terapung Kecamatan Mawasangka adalah desa yang memenuhi syarat tersebut.

“Desa terapung adalah desa yang wajib kami benah menjadi kampung nelayan yang berkelanjutan karena semua syarat memenuhinya,” kata mantan kepala Badan Kepegawaian Daerah ini dengan tegas.

Selain itu, Rijal menjelaskan analisisnya diukur dengan ketersediaan berdasarkan kondisi jaringan jalan, jaringan drainasi, air bersih, listrik maupun sanitasi.

“Aspek sosial desa terapung memiliki potensi yang mampu dijadikan modal permukiman berkelanjutan. Hal ini akan menghasilkan suatu bentuk fisik dari waktu ke waktu. Dalam hal ini pertumbuhan tidak hanya secara fisik saja namun dengan hal pemberdayaannya juga, kami akan membenah dan memperbaikinya,” imbuhnya. (Alan)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU