Tiap Kecamatan di Bombana Wajib Punya Taman Obat

754
Ketua PKK Bombana, Andi Nirwana (ketiga dari kiri) didamping Bupatii, H Tafdil (tengah) bersama Kapolres dan istri saat peringatan kesatuan gerak PKK ke 46 di Bombana, Sabtu (3/3)

LENTERASULTRA.com-Andi Nirwana punya banyak ide-ide kreatif. Organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang dipimpinnya di Bombana hampir pasti bakal banyak memberi kontribusi bagi kemajuan daerah itu. Programnya di PKK ia selaraskan dengan program Gembira milik pemerintah daerah. Sinergi ia bangun biar Bombana, maju daerahnya, sejahtera rakyatnya.

Berbagai gagasan menarik itu disampaikan istri Tafdil, Bupati Bombana tersebut saat acara peringatan hari kesatuan gerak PKK ke 46 tahun 2018, yang disenggarakan di aula Kantor Bupati Bombana, Sabtu (3/3). PKK, bagi Andi Nirwana, adalah gerakan yang dikelola dengan prinsip dan berjenjang dari tingkat pusat sampai ketingkat Desa.

“Jadi, PKK di Bombana ini akan melakukan akselerasi program dan bersinergi Gembira 2 Bombana,” katanya. Nantinya, apa yang dilakukan pemerintah, PKK harus ambil peran untuk menguatkan dan memberi nilai. Penetrasi gerakan PKK harus lebih terlihat di periode kedua kepemimpinanya sebagai Ketua PKK Bombana.

Ia menyebut, jika Pemda menggalakan bantuan rumah rumah layak huni kepada masyarakat, maka PKK harus melibatkan diri. Anggota PKK harus memberi pendampingan kepada penerima maanfaat rumah layak huni itu agar standar rumah sehat itu bisa dipahami, termasuk bagaimana hidup sehat yang benar.

Related Posts

“Jadi tidak ada lagi alasan ada rumah yang tidak layak huni dan tidak layak hidup sehat. Ini ada di Pokja 4 PHBS program kita, mungkin kita bisa bekerja sama dengan Puskesmas dengan dikawal oleh Dinas Kesehatan,” jelasnya.

Selain itu kata Andi Nirwana di pemanfaatan pekarangan juga bisa bersinergi dengan Dinas Pertanian. Dimana bantuan-bantuan pemerintah berupa bibit bisa dimanfaatkan untuk pengembangan pekarangan. “Setiap ibu kota kecamatan di Bombana wajib punya satu taman/RTH yang didalamnya terdapat tanaman obat-obatan, buah-buahan atau tanaman lainnya yang dapat menghijaukan daerah itu,” katanya.

Soal taman obat dan buah ini berulang kali ditekankan Andi Nirwana karena ini bakal jadi icon PKK di Tahun 2018 ini. Makanya, ia berharap seluruh pengurus PKK bisa bekerja dalam mengawal dan memberi pendampingan ke kecamatan soal warga agar bisa mewujudkan taman obat itu.

Selain itu ada juga kegiatan dari sisi keagaman misalnya dalam hal pelatihan kepada orang yang mengurus jenazah di setiap mesjid mesjid yang ada Bombana juga menjadi perioritas Andi Nirwana di periode keduanya memimpin PKK Bombana. Yang tak kalah penting lagi dari sisi pendidikan, yang mana juga telah dicanangkan program satu desa satu PAUD.

“Masih ada sekitar belasan desa yang tidak memiliki PAUD jadi diharapkan di Tahun 2018 ini semuanya sudah selesai dan sudah tidak lagi desa yang tidak memiliki PAUD” harap Andi Nirwana. Ibu dari empat anak ini mengharapkan semua program PKK ini bisa berjalan sesuai dengan harapan yang diinginkan.

Olehnya itu dirinya sangat menekankan kepada masing-masing camat, agar bisa membantu dan mengontrol semua kegiatan PKK di tingkat desa dan Kelurahan yang ada di Bombana. “Semua program ini sudah saya persentasekan di provinsi. Semua program PKK akan terwujud, karena anggaran kita jelas, karena kita punya program Gembira yang jelas anggrannnya,” tutur Anggota DPRD Kabupaten Bombana ini.(danil)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU