Kebun Raya Kendari Diguyur APBN Rp 14,4 M

1,022
Walikota Kendari, Adriatma Dwi Putra (kiri) bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Kendari, saat mengunjungi Kebun Raya Kendari, beberapa waktu lalu

LENTERASULTRA.com-Impian Pemkot Kendari punya kebun raya setara Bogor, sepertinya bakal terwujud. Kebun Raya Kendari yang dibangun sejak era Walikota Asrun, terus mendapat kucuran dana besar dari APBN agar mega proyek di daerah Nanga-nanga itu segera tuntas. Jika setahun lalu dapat Rp 11 M, maka tahun ini dapat lagi Rp 14,4 miliar untuk pengerjaan tahap tiga.

“Tahap III Kebun Raya ini akan kita mulai kerja Maret nanti,” kata La Ode Yama, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kebun Raya Kendari. Kata dia, fokus pengerjaan nanti adalah pembuatan gedung konservasi, gedung edukasi lanjutan, pagar pengamanan tanggul, jembatan, dan pembuatan tanggul.

Related Posts

Meskipun pembangunanya belum tuntas, lanjutnya, Kebun Raya Kendari mulai banyak pengunjungnya. Untuk sementara waktu ini, masih dibuka untuk umum dan akan ditutup kembali setelah pekerjaan proyek tahap tiga dimulai.

“Kebun Raya ini akan menjadi tempat wisata dan ikon kota lulo ini. Makanya tak tanggung-tanggung dibangun dengan seindah mungkin. Sebab diyakini akan menjadi salah satu daya tarik Kota Kendari nantinya,” ucapnya.

Disebutkan Yama, pada tahun 2017 lalu, Kebun Raya Kendari mendapat alokasi anggaran sekira Rp 11 miliar. Dari anggaran tersebut berhasil menuntaskan pengerjaan tahap dua. Dimana ada sembilan item yang dibangun, diantaranya rumah arboretum, peningkatan jalan utama dan pedistrian, dan pembangunan area parkir kendaraan.

Selain itu, pembangunan rumah paranet/nursery, rumah hardscape arboretum, hardscape campign ground, hardscape taman ultra basic, landscape visitor centre dan landscape gedung pengelola, serta pintu gerbang dan pagar pengaman tanggul. “Rencananya pembangunan Kebun Raya Kendari ini akan dituntaskan tahun 2019 mendatang,” pungkas Yama. (isma)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU