Demi Satu Data, Diskominfo Bombana Bangun Sinergi Lintas Sektor

20
Peserta Forum Satu Data Kabupaten Bersama Kominfo, Bappeda, BPS dan Produsen Data berfoto bersama usai pelaksanaan forum satu data. Foto-foto : Facebook Diskominfos

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-Ada saja upaya kreatif dan inovatif dilakukan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfos) Kabupaten Bombana agar bisa berkontribusi terhadap kemajuan daerah. Misalnya, demi meningkatkan akurasi data dan informasi daerah, institusi pimpinan Sofyan Baco ini mengajak beberapa lembaga lain bersinergi. Tujuannya, demi sinkronisasi data statistik sektoral di Kabupaten Bombana.

Itulah yang terjadi Kamis (18/4/2024). Bertempat di aula kantor Diskominfo, lembaga ini mengundang pihak Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pusat Statistik ((BPS) serta pihak produsen data lainnya untuk bertukar pikiran dan gagasan dalam sebuah pertemuan bertajuk kegiatan forum satu data.

Pertemuan tersebut fokusnya adalah membahas soal sinkronisasi Data Statistik Sektoral Daerah (DSSD) yang bertujuan mendukung sepenuhnya perencanaan pembangunan daerah yang lebih efektif dan akurat. Selain itu, forum ini menjadi ajang sosialisasi rencana penginputan DSSD pada aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPD) yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri RI.

Related Posts
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Peserta forum satu data saat mengikuti kegiatan satu data yang diselenggarakan Diskominfos Bombana

 

“Ini langkah penting dalam rangka memperkuat sistem informasi di tingkat kabupaten,” kata Nasriadi, Kepala Bidang Statistik Diskominfos Bombana. Kata dia, dengan sinkronisasi data dan informasi dengan semua pemangku kebijakan di bidang data dan informasi, diharapkan dapat memudahkan proses pengambilan keputusan yang lebih tepat dan efisien dalam pembangunan daerah.

Ia berharap, forum tersebut bisa bersama-sama bersinergi guna memastikan data yang dihasilkan dapat menjadi panduan yang tepat bagi pembangunan di Kabupaten Bombana. Selain itu, kata Nasriadi, penggunaan aplikasi SIPD RI dengan penginputan DSSD diharapkan dapat mempercepat proses pengolahan data serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Forum ini juga menjadi momentum bagi para produsen data, baik dari instansi pemerintah maupun swasta, untuk berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas data statistik yang dihasilkan. Dengan kerjasama yang baik antara berbagai pihak, diharapkan Kabupaten Bombana dapat memiliki data statistik sektoral yang lebih komprehensif dan dapat diandalkan untuk mendukung pembangunan daerah secara berkelanjutan,” kata pria yang kerap disapa Bang Adi ini.

Sementara itu, perwakilan dari Bappeda, BPS, dan Produsen Data juga terlihat cukup antusias mengikuti musyawarah dalam fotum tetsebut. Mereka memberikan masukan dan komitmen untuk bekerja sama dalam menyediakan data yang berkualitas dan terkini guna mendukung pembangunan di Kabupaten Bombana.(adv)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU