Ridwan Basnapal Siap Tarung di Pilkada Koltim

Klaim Didukung Gerindra dan PKS

315
Ridwan Basnapal (paling kanan) bersama Ketua DPD Gerindra Sultra, Andi Adi Askar (tengah) dan Ketua PPP Sultra, Andi Sumangerukka dalam sebuah kesempatan buka puasa bersama beberapa waktu lalu. FOTO :IST

 

TIRAWUTA, LENTERASULTRA.COM-Genderang persaingan di Pilkada Kolaka Timur 2024 kian ramai terdengar. Nama-nama yang bakal maju sebagai kepala daerah di wilayah itu mulai terbuka ke publik. Salah satu nama yang dianggap bisa jadi penantang serius adalah Ridwan Basnapal. Tiga periode jadi anggota DPRD Kolaka Timur adalah garansi bahwa ia bukan politisi kemarin sore dan pantas diperhitungkan. Dua partai politik diklaim siap mengusung dirinya.

“Insya Allah. Saya akan maju bertarung di Pilkada Koltim. Gerindra dan PKS siap mengusung saya,” klaim Ridwan Basnapal, saat ditemui lenterasultra.com di kediamannya di Rate-rate, Kolaka Timur, Jumat (12/4/2024). Ia dengan terbuka menyampaikan bahwa Partai Gerindra yang punya 5 kursi di DPRD plus 2 kursi milik partainya, PKS sudah siap mengajukan dirinya. Dengan dua partai itu, yakni 7 kursi sudah cukup untuk mengajukan satu pasangan calon nantinya.

“Bukan hanya Gerindra dan PKS, saya juga sudah mendaftar di Partai Demokrat. Mudah-mudahan Demokrat juga bisa ikut bersama-sama kami nantinya,” tambah politisi yang akrab dipanggil Ribas di kalangan politisi ini. Selain itu, dirinya juga mengaku intens berkomunikasi dengan pengurus PAN Koltim yang ternyata sangat respon dengan gagasan dirinya untuk menjadikan Koltim menjadi lebih baik.

Selain dukungan partai, Ribas juga mengaku sejak setahun terakhir dirinya aktif bersosialisasi di masyarakat dan sudah menjangkau sebagian besar wilayah di koltim yang meliputi 12 kecamatan dan 117 desa dan kelurahan. “Niatan saya maju didasarkan kecintaan saya pada tanah kelahiran saya ini, makanya saya memakai tagline Aku Sayang Koltim, dengan tujuan menggugah rasa kecintaan kita kepada daerah ini,” terangnya.

Terkait figur bakal calon wakil bupati yang akan digandengnya nanti, Ribas mengaku saat ini masih melakukan penjajakan dengan melihat figur yang tepat, memiliki visi yang sama dan tentunya menguntungkan dari sisi elektoral. “Koltim ini daerah yang masyarakatnya majemuk, semua suku dan agama ada di sini, hal-hal ini juga akan menjadi pertimbangan dalam memilih calon wakil yang pas. Kita ingin menjadi pemimpin yang merepresentasikan kemajemukan itu,” tutupnya.

Jika partai Gerindra, PKS,  PAN dan Demokrat benar benar mengusung Ridwan Basnapal sebagai bakal calon bupati yang akan di usung, maka Ribas akan mendapatkan dukungan mesin politik yang mumpuni. Mengingat partai Gerindra sendiri memiliki 5 kursi, PKS 2 kursi, PAN 2 kursi dan Demokrat satu kursi. Dengan kata lain Ridwan Basnapal didukung 10 kursi di DPRD Koltim, sementara syarat pencalonan minimal 5 kursi parpol atau gabungan parpol di DPRD Koltim.(rit)

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU