Naik Tipe A, Empat Direktur dan Dua Kapolres di Polda Sultra Bergeser

5,571
Surat telegram nomor 1381 yang memuat mutasi sejumlah pejabat di Polda Sultra. Foto Istimewa

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-  Perubahan status Polda Sultra dari tipe B ke tipe A membuat sejumlah pejabat dikorps pimpinan Brigjen Merdisyam itu ikut bergeser. Bahkan dalam tempo sepuluh hari pasca kenaikan tipe itu, Mabes Polri tercatat sudah dua kali merombak sejumlah pejabat di Polda Sultra.

Mutasi terbaru dikeluarkan Kapolri di awal bulan Mei 2020 ini. Tercatat 19 pejabat Polda Sultra yang bergeser dan dikukuhkan diposisinya. Mereka terdiri dari tiga pejabat Polda Sultra berpangkat Komisaris besar (Kombes atau tiga bunga melati), serta enam pejabat berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP atau dua bunga melati). Sementara 10 lainnya juga berpangkat AKBP  dikukuhkan dijabatan yang sama.

Mutasi dan pengukuhan 19 Pejabat Polda Sultra itu tercantum dalam tujuh surat telegram (ST) yang ditandatangani Wakapolri, Komisaris Jendral Dr Gatot Eddy Pramono, Jumat (1/5/2020).  Dalam ST nomor 1377 tercatat nama Komisaris Besar Polisi (KBP) A. Engahu. Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) dimutasi menjadi Kabagjarlat Sespimmen Sespim Lemdiklat Polri.

Sementara di ST nomor 1381 terdapat empat pejabat Polda Sultra yang dimutasi. Mereka adalah KBP Hartoyo, Direktur Intelkam dimutasi menjadi Anjak Madya bidang Kamneg Baintelkam Polri (dalam rangka pendidikan Lemhanas). Kemudian ada nama KBP Erfan Prasetyo. Direktur Samapta ini bergeser menjadi Anjak Madya bidang Sabhara Baharkam Polri (dalam rangka Lemhanas). Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Antonius Danang Heru Widodo, Direktur Binmas (Dirbinmas) juga dimutasi menjadi Dirsamapta Polda Sultra serta AKBP Darmawan Affandy, Kepala SPN Polda Sultra dimutasi menjadi Dirbinmas.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Sedangkan dalam surat telegam nomor 1382 dan 1383 masing-masing tercantum dua Kapolres di Polda Sultra. Mereka adalah AKBP Dedy Adrianto, Kapolres Konawe dimutasi menjadi Irbid Itwasda Polda Sumsel serta AKBP Ramos Paretongan Sinaga, Kapolres Buton bergeser menjadi Wadirintelkam Polda Sultra.

Dua ST lain yakni ST nomor 1350  tercantum nama Kompol Singgih Hermawan, Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Sultra. Dia dimutasi menjadi Pamen Polda Metro Jaya. Sementara di ST 1383, nama AKBP Harry Ganda Butar Butar, Wadansat Brimobda Polda Sultra dimutasi menjadi akreditor madya Kepolisian TK.III Itwasda Polda Sultra (Jabfung terbaru berdasarkan Kep/677/III/2020.

Sedangkan telegram dengan nomor ST/1380 memuat nama-nama 10 Kapolres di jajaran Polda Sultra. Dalam telegram itu, 10 Kapolres itu di kukuhkan menjadi pejabat ditempat mereka memimpin selama ini.

Wakapolri, Komjen Dr Gatot Eddy Pramono di salah satu TR nya menegaskan bahwa guna mencegah dan meminimalisir penyebaran covid-19, dimohon kepada para jenderal agar memerintahkan pejabat pengemban fungsi sumber daya manusia (SDM), untuk berkoordinasi dengan pejabat pengemban fungsi SDM satker tujuan mutasi terkait teknis dan waktu penghadapan para pamen Polri yang melaksanakan mutasi.

Wakapolri juga menegaskan agar berkoordinasi dengan pejabat pemgemban fungsi kesehatan untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada Perwira menengah (Pamen) Polri  sebelum menghadap dan setelah menghadap di satuan yang baru.

Penulis : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU