Aplikasi “Sakti” Gembira Diluncurkan, Data Kepegawaian Bombana Bisa di Akses Dalam Genggaman

3,452
PJ Sekda Bombana, Man Arfa didampingi kepala BKPSDM Bombana, Rusman Idja (baju batik) memukul gong sebagai tanda peluncuran dan sosialisasi aplikasi “sakti” gembira di aula Kantor Bupati Bombana, Senin (9/12/2019) Foto-Adhi

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bombana mempersembahkan terobosan baru dalam dunia kepegawain. Di penghujung akhir tahun 2019 ini, instansi pimpinan Rusman Idja meluncurkan aplikasi “sakti” gembira.

Program ini memuat lima aplikasi sekaligus. Isinya, semua data tentang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Bombana. Aplikasi ini bisa diakses dalam genggaman dengan menggunakan fasilitas internet dan elektronik melalui laman www.bkpsdm.bombanakab.go.id

Senin (9/12/2019) lima aplikasi ini resmi dilaunching dan disosialisasikan kepada seluruh pegawai termasuk kepala OPD. Seremoni peluncuran aplikasi “sakti” gembira ditandai dengan pemukulan gong oleh PJ Sekda Bombana, Man Arfa. Acara ini juga turut dihadiri R.Y. Ari  Widyawati, kepala seksi  Evaluasi dan Pemantauan Standar Kinerja Pegawai Jabatan ASN, Badan Kepegawaian Negara RI.

Kepala BKPSDM Bombana, Rusman Idja merinci lima aplikasi “sakti” gembira yang baru diluncurkannya. Pertama  Aplikasi Mantap atau manajemen data pegawai. Aplikasi ini merupakan induk data base  kepegawaian di Pemkab Bombana. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pegawai mengakses data kepegawaian yang cepat, lengkap dan akurat dalam mendukung administrasi data pegawai.

Yang kedua adalah aplikasi profil pegawai. Didalam aplikasi ini memuat informasi rekam jejak pegawai di Bombana. Mulai dari riwayat jabatan, pangkat, jenjang pendidikan serta jenjang pendidikan dan latihan (Diklat).

Yang ketiga sambung Rusman adalah aplikasi dokumen arsip online (DAI). Aplikasi ini menyimpan dokumen pegawai secara digital, sehingga memudahkan bagi pegawai dimanapun berada untuk mendapatkan dokumen pribadi pegawai dalam keperluan kepengurusan administrasi kepegawaian.

Keempat aplikasi kinerja pegawai. Aplikasi ini bertujuan mengukur dan memantau kinerja ASN periodik sebagai salah satu data acuan pemberian tunjangan kinerja yang diterima pegawai dan memetakan kinerja PNS dalam rangka merit sistem.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Dari kanan- Kepala BKPSDM Bombana, Rusman Idja,  R.Y. Ari  Widyawati, kepala seksi  Evaluasi dan Pemantauan Standar Kinerja Pegawai Jabatan ASN, Badan Kepegawaian Negara RI, PJ Sekda Bombana, Man Arfa serta Ramsi Rafii staf ahli Bupati dalam acara sosialisasi aplikasi “sakti” gembira. Foto-Adhi

“Melalui aplikasi ini, kita bisa melakukan monitoring kinerja bawahan dalam periode harian, bulanan dan tahunan,” kata Rusman. Selain itu, aplikasi ini juga mempercepat pelaporan SKP, memastikan pegawai bekerja dengan tugas jabatannya. Meningkatkan akurasi data dan relevansi informasi.

Tidak sampai disitu, aplikasi kinerja pegawai ini juga bisa meningkatkan efektifitas pelaksanaan SKPD dari segi biaya dan waktu, serta meningkatkan transparansi penilaian, meningkatkan efektifitas pelaksanaan SKP dari segi biaya dan waktu. Dan yang terakhir adalah meningkatkan efektifitas proses pelaporan penilaian, mengeluarkan output kinerja yang digunakan sebagi dasar pembayaran TPP.

Sementara yang kelima adalah aplikasi layanan pengusulan kenaikan pangkat  pegawai (Alpukat). Aplikasi ini berisi sistem layanan pengusulan kenaikan pangkat berbasis online. Melalui aplikasi ini, pegawai di Bombana bisa langaun mengajukan peohonam pendaftaran pengelolaan data mulai dari usulan kenaikan pangkat Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP), dan usulan Pratama, jabatan administrator kenaikan pangkat jabatan fungsional.

Dari kiri- Kepala Dinas Kesehatan, dokter Sunandar, Asisten III, Engki, Ridwan, S.Sos, sekretaris BPBD dan Sitti Ramlah, kepala bidang di Dinas Dukcapil saat mengikuti sosialisasi “sakti gembira”. Foto-Adhi

Mantan Kepala Dinas Transmigrasi Kabupaten Bombana ini menambahkan, aplikasi alpukat pegawai ini bisa membantu dan mempermudah pegawai mengusulkan kenaikan pangkat di tiap-tiap OPD. Selain itu, melalui alpukat, pegawai bisa memantau secara langsung proses usulan kenaikan pangkatnya, termasuk apa berkasnya di proses atau tidak memenuhi syarat.

PJ Sekda Bombana, Man Arfa mengatakan program “sakti” gembira merupakan sarana media informasi bagi para pengelola kepegawaian di lingkup Pemda Bombana. Aplikasi ini bertujuan memberikan pelayanan informasi dan konsultasi terkait kepegawaian melalui media online.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Bombana ini mengatakan, lima inovasi yang termuat dalam aplikasi “sakti” gembira merupakan hasil inovasi dan kreasi BKPSDM. Man Arfa berharap, dengan adanya website ini pegawai di Bombana bisa lebih baik memberikan informasi kepegawaiannya kepada masyarakat dalam mendukung e goverment.

Penulis : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU