Bulan Ramadan, Harga Bumbu Dapur Meroket

235
ilustrasi foto

KONUT, LENTERASULTRA.COM – Memasuki bulan suci Ramadan, harga komoditas pangan mulai merangkak naik. Harga bawang merah, bawang putih, dan cabai merah contohnya. Kenaikan harga dipicu dengan tingginya permintaan pasar. Tak terkecuali di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara.

Di beberapa pasar yang ada di Konut, seperti Pasar Lambudoni, Pasar Induk Kecamatan Andowia, harga komoditas bahan pangan sudah naik. Sepertibawang merah dan cabai merah yang sudah naik sejak beberapa hari lalu.

Bawang merah naik menjadi Rp 60 ribu per kilogram, dari harga Rp40 ribu per kilogram. Sedangkan cabai rawit dari Rp25 ribu naik menjadi Rp40 ribu per kilogram. Harga ikan di Konut juga ikut merangkak naik hingga Rp60.000 per kilogram. Begitu juga ayam potong dari Rp60 ribu naik menjadi Rp70 ribu, dan dan sayur mayur dari rata-rata Rp3 ribu naik menjadi Rp5 ribu per ikat.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Salah satu pedagang Pasar Lambudoni, Ririn Ngada (43) mengatakan, Kenaikan harga komoditas bumbu dapur sudah terjadi sejak beberapa hari lalu. Harga tersebut bergerak naik hingga mendekati masuk bulan puasa. Kenaikan harga bawang merah dan cabai merah ini dikrenakan permintaan meningkat setiap harinya.

“Apalagi ini jelang bulan Ramadan banyak orang butuh namun tidak sedikit pasokan,” tambah Ririn.

Ditambah lagi memasuki musim penghujan, sangat mempengaruhi melonjaknya kenaikan barang, Jalan yang rusak membuat pedagang mengalami kesulitan untuk berdagang.

Laporan: Iwan
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU