DPRD Bombana Gelar Rapat Perdana, Enam Fraksi Terbentuk

142
Rapar perdana anggota DPRD Bombana yang diikuti 25 anggota yang baru saja dilantik. Agenda utama mereka adalah membentuik fraksi-fraksi sebagai salah satu bagian dari alat kelengkapan dewan. Hasilnya, enam fraksi berhasil dibentuk. FOTO :ADHI

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-DPRD Bombana  periode 2024-2029 bergerak cepat. Dua hari usai dilantik, 25 wakil rakyat ini langsung menggelar rapat perdana dengan agenda utama membentuk fraksi-fraksi. Meski sempat diwarnai sedikit drama, mulai dari molornya agenda rapat hingga ada partai yang mendadak berubah haluan, mereka akhirnya bersepakat membentuk enam fraksi, baik yang utuh maupun “koalisi”.

Keenam fraksi itu terdiri dari empat fraksi utuh dan dua fraksi gabungan. Khusus fraksi utuh, komposisinya hampir semua partai pemenang pemilu yang mendudukan empat dan tiga kadernya di DPRD Bombana periode 2024-2029. Sedangkan  fraksi gabungan, komposisinya terdiri dari partai yang hanya meloloskan dua kadernya di gedung dewan.

Enam fraksi yang terbentuk di DPRD Bombana periode 2024-2029 yakni, pertama, Fraksi Partai Kebangkitan Bulan Bintang. Fraksi ini tercatat paling banyak personilnya yakni 6 orang. Fraksi ini merupakan gabungan dari Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB dan Partai Bulan Bintang.

Suasana rapat perdana anggota DPRD Bombana yang baru saja dilantik dengan agenda utama membentuk fraksi. Yang kursinya hanya dua, bergabung membentuk fraksi dengan partai lain. FOTO :ADHI

 

Saat Pemilu lalu, PKB yang akhirnya memenangkan Pemilu, berhasil meloloskan 4 kadernya di DPRD Bombana sementara PBB meloloskan dua kader. Fraksi Partai Kebangkitan Bulan Bintang dipimpin kader PKB.  Ketuanya, Nurkolis. Wakilnya Nasruddin juga kader PKB. Sementara Sekretarisnya diserahkan kepada Yudi Utama Arsyad, dari Partai Bulan Bintang.

Fraksi berikutnya adalah Fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan. Fraksi ini utuh, dimana komposisinya, semuanya beranggotakan empat kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP. Partai pemenang Pemilu kedua di Bombana ini mempercayakan kepada Johan Salim sebagai ketua, Andi Muhammad Khaekal sebagai wakil ketua dan Abdul Rahman sebagai Sekretaris. Sedangkan Herlin, sebagai anggota.

Ketiga, Fraksi Nasdem. Fraksi ini juga utuh bentukan kader Partai NasDem yang duduk di DPRD  Bombana periode 2024-2029. Fraksi Nasdem diketuai Ashari Usman, Arsyad sebagai wakil ketua dan Ambo Lolo sebagai Sekretaris. Sementara Zalman sebagai anggota.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Fraksi keempat di DPRD Bombana adalah Fraksi Gerakan Indonesia Raya. Sesuai namanya, fraksi ini merupakan bentukan kader-kader Partai Gerindra yang duduk di DPRD Bombana lima tahun kedepan. Komposisinya terdiri, Andi Sambaloge sebagai Ketua, Ahmad Sutejo Eriadi sebagai wakil ketua, dan Suryadi sebagai sekretaris. Sedangkan salah satu kadernya bernama Musrifa ditempatkan sebagai anggota.

Loby-loby politik antar anggota DPRD sempat dilakukan sebelum pengambilan keputusan mengenai jumlah dan nama-nama komposisi di fraksi. FOTO :ADHI

 

Kelima, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN). Fraksi ini paling sedikit anggotanya. Jumlahnya hanya tiga orang. Meski begitu, Fraksi bentukan anggota DPRD dari PAN ini tercatat sebagai fraksi utuh. Komposisi anggotanya terdiri dari Askhar sebagai ketua, Justang sebagai sekretaris dan Husnul Fuadi sebagai anggota.

Fraksi gabungan lainnya yang terbentuk adalah Fraksi Keadilan Berkarya. Fraksi ini terdiri dari empat orang anggota. Fraksi ini merupakan gabungan dari Partai Golkar dan Partai Keadilan Sejahtera. Saat Pemilu lalu, dua Partai ini masing-masing mengutus dua orang kadernya untuk duduk di DPRD Bombana periode 2024-2029.

Fraksi Keadilan Berkarya mempercayakan Syaharuddin sebagai ketua. Kader Partai Keadilan Sejahtera ini merupakan debutan di DPRD Bombana. Sementara kader dari Partai Golkar bernama Abdul Wahid, anggota dewan petahana berada diposisi wakil ketua. H. Bahri dan Sudiami, juga anggota dewan debutan masing-masing dipercaya sebagai Sekretaris dan anggota.

Rapat perdana pembentukan fraksi-fraksi di DPRD Bombana dilaksanakan Kamis, 3 Oktober 2024 lalu, di ruang rapat DPRD Bombana. Rapat dipimpin ketua sementara DPRD Bombana dan wakil ketua sementara Johan Salim. Rapat dimulai sekitar pukul 11.06 Wita.

Dua politisi sarat pengalaman masing-masing Iskandar (kanan), Ketua sementara DPRD Bombana dan Johan Salim (kiri), Wakil Ketua sementara DPRD Bombana memimpin dengan baik jalannya sidang perdana para anggota DPRD Bombana yang akhirnya menyepakati terbentuknya enam fraksi. FOTO :ADHI

 

Jadwal ini molor satu jam dari jadwal yakni pukul 10.00 Wita. Kurang lebih 15 menit berjalan, rapat diskors. Setelah selesai shakat zuhur, rapat dilanjutkan dan disepakati lah enam fraksi di DPRD Bombana periode 2024-2029. Rapat perdana ini diikuti semua anggota DPRD Bombana yang sudah dilantik 1 Oktober 2024 lalu.

Ketua sementara DPRD Bombana, Iskandar mengatakan enam fraksi di DPRD Bombana terdiri dari empat fraksi utuh dan satu fraksi gabungan. Enam fraksi yang disepakati itu, akan diparipurnakan Jumat, 4 Oktober 2024, usai Salat Jumat. “Insya Allah, besok kita akan paripurnakan. Rapat pembentukan fraksi ini merupakan rapat perdana yang kami lakukan. Alhamdulillah diikuti semua anggota dewan,” ungkap ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Bombana ini, usai menutup rapat perdana pembentukan Fraksi di DPRD Bombana periode 2024-2029. (ADV)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU