Seleksi PPPK Dibuka, Bombana Siapkan 902 Kursi

77
Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto dalam sebua kesempatan kegiatan kedinasan di daerah itu. Di era kepemimpinannya, seleksi penerimaan pegawai negeri dibuka dimana salah satu lowongan terbesar yang bakal diterima adalah PPPK. FOTO :IST

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-Kesempatan berkarir jadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Bombana kini terbuka lebar. Ada dua jalur yang kini sedang dibuka, yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK). Khusus lowongan yang disebut terakhir, pendaftarannya sudah dimulai sejak Selasa, 1 Oktober 2024. Jumlah yang diterima di Bombana tak tanggung-tanggung, sampai 902 kursi.

“Sudah dibuka sejak 1 Oktober 2024 kalau pendaftaran PPPK, sampai tanggal 20 Oktober nanti,” ungkap Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto. Jadi, bagi mereka yang menganggap diri memenuhi syarat untuk jadi PPPK di berbagai formasi yang tersedia, sebaiknya tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk segera mendaftarkan diri. Kata Pj Bupati, dari 902 kursi yang tersedia, nantinya terdistribusi untuk tiga formasi utama yang dibutuhkan.

“Kita butuh guru, tenaga kesehatan hingga tenaga teknis,” kata Edy Suharmanto. Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bilang, kuota terbanyak calon PPPK terdapat pada formasi tenaga teknis. Jumlahnya sebanyak 595 orang.

Sementara untuk formasi tenaga guru, lanjut pejabat yang mulai bertugas di Bombana, November tahun lalu itu, daerah menyiapkan 247 kursi. Sedangkan tenaga kesehatan diposisi ketiga dengan kursi calon PPPK sebanyak 60 orang. “Jadi total PPPK yang akan diterima ditiga formasi ini sebanyak 902 orang,” kata suami Aeni Mutmainnah ini.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bombana, Deddy Van Alfa Slamet menambahkan seleksi pengadaan PPPK tahun anggaran 2024 didasarkan pada Keputusan Menteri PANRB nomor 347, 348 dan 349 tahun 2024 tentang mekanisme seleksi PPPK tahun 2024, mekanisme seleksi PPPK untuk jabatan fungsional guru dan instansi daerah tahun 2024 dan mekanisme seleksi PPPK untuk jabatan fungsional kesehatan tahun 2024.

Sekretaris BKPSDM tersebut menjelaskan, sesuai dengan surat Badan Kepegawaian Negara (BKN) nomor 6610/B-KS.04.04/SD/K/2024 tentang jadwal seleksi PPPK tahun 2024 yang diterima, ada empat kategori yang akan diterima melalui jalur PPPK ditahun ini. Pertama, pelamar prioritas yang terdiri dari pelamar guru dan D-IV bidan pendidik tahun 2023.

Kedua, lanjut Deddy, adalah eks tenaga honorer kategori II atau eks THK-II. Ketiga, tenaga non aparatur sipil negara atau ASN yang terdata dalam pangkalan data atau database BKN, dan keempat, tenaga non ASN yang aktif bekerja di Instansi Pemerintah, termasuk lulusan PPG untuk formasi guru di Instansi daerah.

Meski waktu pengumumannya bersamaan yakni akhir September, pendaftaran empat prioritas PPPK yang akan diterima di Bombana tidak bersamaan. Bagi pelamar prioritas guru dan D-IV bidan pendidik, eks tenaga honorer dua dan tenaga non ASN yang terdata dalam pangkalan data BKN, pendaftaran sudah dimulai 1 samai 20 Oktober. Sedangkan untuk pelamar tenaga non ASN yang aktif bekerja di intansi pemerintah, pendaftaran dimulai pada tanggal 17  November sampai 31 Desember 2024.

“Yang lebih dulu mendaftar dan ikut seleksi, tiga prioritas pelamar. Sedangkan pelamar tenaga non ASN yang aktif bekerja di Instansi Pemerintah baru dilakukan pertengahan November. Tahapan seleksinya juga bahkan lebih panjang hingga tahun 2025,” ungkap Deddy.(*)

Penulis : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU