Budaya Kerja ASN Bombana Dinilai Cukup Sehat

38

 

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto didampingi Sekda Bombana, Man Arfa membubuhkan tandatangannya di prasasti peluncuran secara resmi tata nilai kerja alias core values BerAKHLAK dan employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa” untuk Kabupaten Bombana. Acara itu digelar di Aula Tanduale, Kamis (5/9/2024). FOTO :DISKOMINFOS BOMBANA

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-Aparatur Sipil Negara atau ASN di nusantara kini memiliki fondasi baru berupa nilai-nilai dasar dan semboyan yang sama dalam bekerja. Namanya, “BerAKHLAK”. Ini akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompoten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. Selain core values atau nilai utama BerAKHLAK itu, seluruh amtenar juga memiliki employer branding yang sama yakni, “Bangga Melayani Bangsa”.

Di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, core values BerAKHLAK dan employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa” yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, Selasa, 27 Juli 2021 lalu juga sudah diluncurkan. Acara yang dirangkaikan dengan sosilisasi penerapan budaya kerja ASN BerAKHLAK ini digelar di Aula Tanduale, Kamis, 5 September 2024. Sasaran awalnya, 37 pejabat eselon dua yang menduduki jabatan Asisten, staf ahli bupati dan kepala organisasi perangkat daerah.

Meski baru di luncurkan, program Presiden Jokowi ini sudah lebih dulu ditindaklanjuti Pemkab Bombana. Pemerintah setempat mengawalinya dengan menerbitkan peraturan bupati nomor 54 tahun 2021 tentang pedoman pengembangan budaya kerja aparatur di Pemkab Bombana. Kemudian mengubahnya menjadi Peraturan Bupati nomor 30 tahun 2023, hingga menerbitkan surat edaran Bupati Bombana nomor 065/1616/2023 tentang core values dan employer branding ASN di Lingkup Pemda Bombana.

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto didampingi Sekda Bombana Man Arfa serta Plt Kepala Bagian Organisasi Setda Bombana, Muh. Ikbal Safwan usai penandatanganan prasasti diluncurkannya kegiatan sosialisasi core values BerAKHLAK dan employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa” untuk Kabupaten Bombana. FOTO :DISKOMINFOS BOMBANA

 

Tidak hanya itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) sudah melakukan penilaian terhadap penerapan program Presiden Jokowi itu. Hasilnya, budaya kerja ASN Bombana dinilai cukup sehat. “Sejak dilakukan penilaian indeks BerAKHLAK oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Pemerintah Kabupaten Bombana memperoleh nilai 61,6 persen dengan kategori cukup sehat,” kata Edy Suharmanto saat mengawali sambutannya.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Suami Aeni Mutmainnah ini bilang, hasil tersebut masih perlu ditingkatkan lagi walaupun belum ada satupun kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara yang memperoleh predikat sehat. Pj Bupati Edy mengaku, predikat cukup sehat itu menjadi pekerjaan rumah bagi Kabupaten Bombana untuk lebih meningkatkan kualitas budaya kerja pegawainya, dalam mengimplementasikan nilai-nilai berakhlak dalam perilaku kerja.

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto memberikan sambutannya diacara sosialisasi penerapan budaya kerja ASN BerAKHLAK lingkup Kabupaen Bombana. FOTO :DISKOMINFOS BOMBANA

 

Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan agenda penguatan budaya kerja ASN, yang diawali dengan launching core values ASN BerAKHLAK dan employer branding “bangga melayani bangsa”.  Direktur Manajemen Penangulangan Bencana dan Kebakaran, Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini berharap agar seluruh perangkat daerah dapat menerapkan budaya kerja ini secara maksimal, hingga dapat mewujudkan indeks berakhlak dengan kualitas baik

Tidak hanya itu, Pj Bupati Edy juga mengimbau seluruh pimpinan jabatan tinggi pratamanya untuk mensukseskan dan meningkatkan reformasi birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bombana,  yang dimulai dengan komitmen bersama menerapkan budaya kerja ASN BerAKHLAK.

Para pejabat di Kabupaten Bombana khususnya para kepala OPD dan juga pejabat eselon III saat menghadiri kegiatan sosilisasi penerapan budaya kerja ASN BerAKHLAK ini digelar di Aula Tanduale. FOTO :DISKOMINFOS BOMBANA

 

Plt Kepala Bagian Organisasi Setda Bombana, Muh. Ikbal Safwan mengatakan, program Core Values BerAKHLAK dan employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa” memang baru diluncurkan di Bombana. Meski begitu, sejak program Presiden Jokowi ini diberlakukan tahun 2021 lalu, Pemkab Bombana sudah mulai mensosialisasikan kepada seluruh OPD. KemenPAN dan RB bahkan telah melalukan penilaian terhadap program tersebut di Pemkab Bombana. “Hasilnya, Bombana mendapat peringkat keempat dari 17 kabupaten dan kota di Sultra,” kata Ikbal.

Launcing  Core Values BerAKHLAK dan employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa” digelar untuk  melaksanakan strategi transformasi pengelolaan ASN menuju pemerintahan berkelas dunia (world class government), meningkatkan penilaian Indeks BerAKHLAK serta meningkatkan penilaian Indeks Reformasi Birokrasi. Pelucuran program Presdien Jokowi ini menghadirkan Man Arfa, Sekda Bombana sebagai narasumber. “Untuk kegiatan sosialisasinya dilakukan metode klasikal yaitu pengenalan core values dan employee branding serta pemaparan materi,”ungkap Ikbal sekaligus ketua panitia acara tersebut. (adv)

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU