Intip Harta Para Kandidat Bupati Bombana, Siapa Terkaya? (Bagian-1)

410
Tiga kandidat calon Bupati Bombana, masing-masing dari kiri Burhanuddin, Andi Nirwana Sebbu dan Arsyad. FOTO :KOLASE

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-Figur yang bakal maju di kontestasi Pilkada Bombana perlahan mulai mengerucut. Nama-nama yang selama ini beredar di publik ada yang terlihat amat serius mencari dukungan partai, lalu ada pula yang meredup dan nyaris tanpa kabar soal upayanya untuk ikut berkompetisi. Lalu diantara nama-nama yang kini bermunculan, siapa kandidat yang memiliki harta kekayaan terbanyak?.

Di situs Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), publik bisa mengakses informasi mengenai harta para kandidat tersebut, utamanya mereka yang saat ini menjalankan tugas sebagai penyelenggara negara. Baik itu anggota legislatif, senator maupun pejabat tinggi pratama di instasi pemerintah daerah.

Berdasarkan penelusuran lenterasultra.com, Andi Nirwana Sebbu (ANS) tercatat memiliki harta cukup banyak dengan total Rp15.316.186.450. Bakal calon Bupati Bombana yang kini masih menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI tersebut terakhir melaporkan hartanya ke KPK, pada tanggal 28 Juni 2023 lalu atau setahun lalu. Dari jumlah itu, 11 miliaran rupiah diantaranya dalam bentuk tanah dan bangunan.

Misalnya, ANS memiliki aset berupa tanah dan bangunan di Konawe Selatan, yang ditaksir harganya Rp1,3 miliaran. Selain itu, ada pula aset serupa di Bone dan Kota Makassar dengan taksiran harga masing-masing Rp1,9 M dan 1,4 M. Semua harta tak bergerak itu, adalah milik sendiri. ANS juga memiliki dua unit kendaraan yang bernilai tinggi yakni Totoya Vell Fire 2009 dan Toyota Hi Ace tahun 2022.

Kandidat Bupati Bombana lainnya, Arsyad yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Bombana tercatat punya harta sebesar Rp. 3.607.856.410. Harta sejumlah itu terakhir dilaporkan Ketua DPD Nasdem Bombana tersebut pada 8 Februari 2023 silam. Ada dua aset yang dimiliki Arsyad yang menyumbang nilai terbesar yakni dua item tanah dan bangunan yang semunya berada di Bombana. Aset-aset tersebut masing-masing bernilai Rp1,5 Miliar dan Rp650 Juta.

Uniknya, di garasi Arsyad tidak terlaporkan adanya kendaraan roda empat. Entah memang tidak punya atau tak dilaporkan, yang jelas dalam catatan KPK, legislator yang kembali terpilih di Pemilu 2024 ini tercatat hanya memiliki motor Honda Scopy Matic keluaran 2012 yang ditaksirnya berharga Rp2,5 juta.

Nama lain yang santer disebut bakal maju jadi calon Bupati Bombana adalah  Burhanuddin. Harta kekayaan mantan Pj Bupati Bombana ini terakhir kali dilaporkannya 16 Februari 2023 lalu dan masih tercatat sebagai laporan dari Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Pemprov Sultra. Total hartanya tidak terlalu besar, yakni hanya Rp1.514.287.497.

Aset-aset yang dimiliki Burhanuddin juga relatif tidak begitu banyak dan bernilai tinggi. Dalam laporannya, ia memasukan sebuah tanah dan bangunan seluas 270 meterpersegi di Kota Kendari sebagai miliknya yang ditaksir dengan harga Rp600 Juta. Di garasinya, ia hanya memiliki dua unit kendaraan yakni Jeep tahun 1997 bernilai Rp120 Juta plus sebuah ford ranger XLT tahun 2008 dengan harga Rp40 Juta. (bersambung)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU